Menilai faktor Disiplin dan Motivasi pada pembelajaran online di Era Pandemi Covid 19 bagi siswa dasar

Authors

  • Endang Iryani Universitas MH Thamrin

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.682

Abstract

Pembelajaran online pada masa Pendemi Covid 19 menjadi sebuah tantangan baru bagi dunia Pendidikan Indonesia, tidak hanya bagi guru sebagai pengajar tetapi juga bagi orang tua yang mendampingi anaknya belajar, khusunya bagi siswa dasar yang masih susah dalam membagi waktu antara main dan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai faktor disiplin dan motivasi dalam belajar online bagi siswa dasar. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian korelasi, hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga korelasi antara disiplin belajar dengan motivasi belajar siswa sebesar 0,714 dengan signifikansi 0,000, dimana harga r(5%:44) dengan pendekatan r(5%:100) = 0,195. Sehingga ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan motivasi belajar siswa. Kesimpulannya bahwa Disiplin dan Motivasi memiliki nilai yang kuat terhadap pembelajarn online. Rekomendasi dari penelitian bagi peneliti berikutnya adalah untuk meneliti model pembelajaran pada saat belajar online.

References

Atsani, K. L. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 22(1), 82-93.

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 241-256.

Rahayu, F. (2020). Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palu Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 113-138.

Syaiful, S. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta.

Stockley, _.. (2008). Drug Interaction. London: Cambridge University.

Prasetyaningtyas, S. (2021). PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SECARA ONLINE SELAMA DARURAT COVID-19 DI SMP N 1 SEMIN. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 86-94.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2002). Methode Penelitian Administrasi, Cetakan ke 8, Penerbit Alfabeta

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 3 Tahun 2020 tanggal 9 Maret 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan

Downloads

Published

2022-01-24

How to Cite

Iryani, E. (2022). Menilai faktor Disiplin dan Motivasi pada pembelajaran online di Era Pandemi Covid 19 bagi siswa dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), 28–36. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.682

Citation Check