Korelasi antara Metode Belajar dengan Motivasi Belajar Pada Madrasah Tsanawiyah Assanusiyah Balaraja

Authors

  • Endang Iryani Universitas MH Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v2i2.39

Keywords:

motivasi, pembelajaran

Abstract

Pendidikan bukan hanya soal kemajuan otak ataupun pengetahuan kognitif. Pendidikan di Indonesia bertujuan juga untuk mengembangkan pribadi anak didik agar menjadi manusia yang utuh dengan segala nilai dan seginya. Oleh karena itu, pendidikan nilai, pendidikan moral, religius, akhlak, emosi, afeksi dan lain-lain perlu diperhatikan juga. Banyaknya anak lulus sekolah, tetapi emosinya tidak tertata atau malah masih mudah frustrasi dan tidak mandiri, menunjukkan perlunya pendidikan nilai. Metode penelitian survei. Sampel berjumlah 31 orang guru yang diperoleh melalui acak dari populasi guru pada MTS Assanusiyah Balaraja. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik mediasi menggunakan regresi ganda. Kesimpulan : 1) Pada pengujian F hitung antara X (metode pembelajaran) terhadap Y (motivasi belajar siswa) diperoleh nilai 13.798, sedangkan harga kritis nilai Ftabel dengan derajat bebas pembilang 1 dan penyebut 29 pada alpha (0.05) sebesar 4.18. Dengan demikian Fhitung (13.798) > Ftabel (4.18), sehingga jelas Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada MTS Assanusiyah Balaraja. 2) Pada pengujian hipotesis t antara X (metode pembelajaran) terhadap Y (motivasi belajar siswa), yang diperoleh adalah sebesar 14.650, sedangkan t-tabel dengan derajat bebas 29 pada alpha (0,05) sebesar 1.699. Dengan demikian thitung (14.650) > t-tabel (1.699), sehingga jelas Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode
pembelajaran signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada MTS Assanusiyah Balaraja.

References

Bryson, M.J., 2001, Strategic Planning of Public and Non Profit Organization : A Guide to Stregthening and Sustaining Organization Acheivement, Riset Edition, Jossey-Bass Inc., San

Fransisco.

Dessler Gary, 2001, Manajemen Personalia, terjemahan Agus Dharma, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Gagne, Robert M., The Conditions of Learning, Holt, Rinehart and Winston, Inc, New York, 2000.

George, Terry, 2001, Principle of Management, Seventh Edition 7th, Home Wood Illinois,

Richard D. Irvin In.

Handayaningrat, Soewarno, 2006, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta.

Handoko, T.H. dan Reksohadiprodjo, 2004, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Koontz, Harold, O Donnel, 2002, Cyril, Essentials of Management, 2nd Edt, New York, Mc Graw-Hill Book Company.

Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta : Penerbit Gaung Persada Press, 2006.

Mc, Ashan, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Mc Graw – Hill Book Company, 2003.

Moh. As’ad, 2000, Psikologi Industri, Seri Ilmu Sumber Daya Manusia, Liberty, Yogyakarta.

Osborne, David and Ted Gaebler, 2002, Reinventing Government : How The Entrepreneurial Spirit is Transforming The Public Sector, New York : Penguin.

Reigeluth, Charles M. dan Faith S. Stein, The Elaboration Theory of Instruction dalam Instructional Design Theories and Models, Hillsdale, NJ : Lawrence Erlbaum Ass. 2003

Robert J. Mockler, 2000, The Management Control Process, Prentice-Hall, Englewood Cliffs.

Simanjuntak Payaman, J., 2002, Manajemen Sumberdaya Manusia, Program Pascasarjana, Unkris, Jakarta.

Stoner, James A.F., 2004, Manajemen, Terjemahan Intermedia, Jakarta.

Suwarto, 2002, Perilaku Keorganisasian, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

William, Newman & Tanner, 2001, Constructive Control, Mc Graw-Hill Book Company.

Downloads

Published

2019-09-12

How to Cite

Iryani, E. (2019). Korelasi antara Metode Belajar dengan Motivasi Belajar Pada Madrasah Tsanawiyah Assanusiyah Balaraja. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 2(2), 7–20. https://doi.org/10.37012/jipmht.v2i2.39

Issue

Section

Articles

Citation Check