Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ernawati Harahap Ernawati Harahap Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Pascasarjana, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-5345-8643

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.755

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Pola Asuh Orang Tua (X) terhadap Kemandirian belajar anak usia dini (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian dilakukan pada anak usia 5-6 tahun atau siswa kelompok B di TK Al Azhar Syifa Budi Jatibening. Teknik sampel menggunakan stage random sampling. Sampel penelitian berjumlah 41 Anak Usia Dini. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Persamaan Linear Regresi Y=17,507+0,348X (2) Pola Asuh Orang Tua berpengaruh positif terhadap  Kemandirian belajar anak usia dini. (3) Uji signifikansi didapat persamaan garis regresi F hit lebih kecil dari 0,05 dengan demikian, regresi Y atau X adalah signifikan atau Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian belajar anak usia dini. (4) Koefisien korelasi (rxy) = 0,122 dan Fhit (Fchange) = 6,547, dengan p-value lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y adalah berarti atau signifikan. Koefisien determinasi 0,144, yang mengandung makna bahwa 14,4 % variasi variabel kemandirian belajar anak usia dini dipengaruhi oleh pola asuh orang tua.

References

Alder, H. 2001. Boost Your Intelligence, terjemahan Kristina Prianingsih. Jakarta: Erlangga,. Anwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rieka Cipta.

Bloom, B.S. 1981. Taxonomy of Educational Objective. Handbook I. New York: Xongman Inc.

Kerlinger, F. N. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. AL-Ta Lim, 20(3), 459. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (5th ed.). Indeks.

Supriyadi. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas terhadap Hasil Belajar Videografi, Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i1.457 Intensitas Penggunaan Gawai Terhadap Kecerdasaan Emosional Mahasiswa.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Ernawati Harahap, E. H., & Supriyadi, S. (2021). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), 37–48. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.755

Citation Check