Pengaruh Alat Permainan Edukatif dan Motivasi Belajar terhadap Kreativitas Anak 5-6 Tahun RA I’anatush Shibyan Al-Irsyad 2013

Authors

  • Sopiah Sopiah Program studi PG- PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas MH. Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i1.3

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang pengaruh alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun.Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Responden penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di I’anatush Shibyan Al-Irsyad sebanyak 40 anak yang dipilih secara acak sederhana dari jumlah siswa keseluruhan 80 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan untuk instrumen kreativitas adalah tes berupa soal dalam bentuk uraian dan instrumen motivasi belajar adalah angket dengan skala likert. Instrumen dikalibrasi dengan memakai uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien korelasi product moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas populasi (uji Liliefors) dan dengan homogenitas varians populasi (uji Barlett). Analisis data menggunakan annava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan lebih tinggi daripada anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dari gambaran ini dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dapat digunakan alat permainan edukatif buatan; (2) Terdapat interaksi antara alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia dini, (3) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat menggunakan alat permainan edukatif buatan; (4) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik pada kelompok siswa motivasi belajar rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif buatan. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar rendah dapat digunakan alat permainan edukatif pabrik.

References

Akbar, Feni dkk. Kreativitas, Panduan Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. Jakarta: Grasindo, 2001.

Amabile, T.M. The Social Psychology of Creativity. New York: Spingerverlag 1983

Amstrong, Thomas. Setiap Anak Cerdas Panduan Membantu Anak Belajar Dengan Memanfaatkan Multiple–Intelegencenya Terjemahan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2002.

_______. Setup Anak Cerdas Penerjemah: Rina Bintaran, Jakarta Gramedia pustaka 2002.

Ananta, Aris. (ed). Ciri Demografis Kualitas Penduduk dan Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Lembaga Demografi FE

UI, 1992.

Anggani Sudono, â€APE yang Membangun Kreatif Anakâ€, Makalah Seminar PAUD, 27 Desember 2005. Jakarta: Diknas.

Ankunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

_______. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bina Aksara, 1998.

Arsyad. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada, 1997.

Ary, Donald L,C; Jacobs, dan A. Razavish, Introduction to Research in Education. New york: CBS College Publishing, 1985.

Ayan, Jordan E. Bengkel Kreativitas. Bandung: Kaifa. Mizan Pustaka. 2005.

Bastaman HD. Meraih Hidup Bermakna. Jakarta. Paramadina. 1996.

Campbel, Donald T dan Sanley, Julian C. Experimental and Quasi-Experimental Desaign For Research. Chicago: Rand McNally College Publishing Company, 1996.

Carl, B. Growing Up Gifted (C.E. Menil Publishing Company, A Bell. 1983.

Catron, Carol E. dan Alien, Jan. Early Childhood Curriculum A Creative Play Model. New Jersey, Merrill, 1999.

De Bord, Karen. Family, School, and Community Insolvent in School Age: http:/www.JDe.orpyi996. june/a.html.2007

Depdiknas, Program National Bagi Anak Indonesia (PNBAI), Bidang Pendidikan. Depdiknas, Jakarta: 2003.

Dewi, Melyna Surya Peranan Gerak Tari kreatif dan Minat Tari Kreatif Siswa Terhadap Keberhasilan Belajar Menari Siswa SLTP St Theresia, Jakarta. Universitas Indonesia, 2003

Diknas, Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini Usia (Menu Pembelajaran Generik). Jakarta: Direktorat PADU, 2002.

Dockett, Sue dan Fleer, Marilyn. Play and Pedagogy in Early Childhood Bending the Rules. Sydney: Harcourt, 2000.

Dorothy. Things to do Played Learn, London: Hamlyn. 2004.

Erickson E. H. Identity and Life Cycle. Selected Papers. Psycology isues. Vol I. New York International Universites

Press. 1978.

Erikson, Erik. Chilhood and Society, dikutip tak langsung oleh Robert F. Biehier dan Jack Snowman, Psychology

Applied to Teaching 7th Edition, Boston: Hougthon Mifflin company,1993.

Erlauer, Laura. The Brain-Compatible Classroom (e books), Virginia: ASCD: 2005.

Evita Singgih, Salim. “Kreativitas dan Sikap Kreatif dari Siswa Berbakatâ€, Makalah yang disampaikan dalam

Simposium Pengembangkan Siswa Anak Berbakat, Jakaria. 29-30 Maret 2000.

Fisher, Elaine Flory. Aesthetic Awareness And The Child. Peacock Publisher. Inc. Washington University. 1978.

Freeman & Munandar U. Cerdas dan Cemerlang. Jakarta. PT. Gramedia Utama Pustaka. 2002.

_______. Kecerdasan Cemerlang. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. 2002.

FX Sudarsono, Pengukuran Status Ekonomi dan Permasalahannya, Populasi, Nomor 2 Volume Tahun 1990.

Yogyakarta: PPK UGM.

Gallagher .J.J. Issues In Gifted Education. California USA : Ventura. 1979.

Guilfbro, J.P. Way Beyond the IQ. Buffalo : Creativity Learning Press. 1977.

Guilford Dalam Depdikbud. Petunjuk Mengguncikan Peraga di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dikbud: 2000.

Guilford,J. P. Way Beyond the IQ (Buffalo: Creative Learning Press. 1997.

Hadis, Aswin. Psikologl Perkembangan Anak. Dirjen Dikti. Proyek Pendidikan Tenaga Guru. Jakarta. 1995.

Hadjam, Noor Rachman. â€Peningkatan Mutu Pendidik Anak Usia Diniâ€, Jurnal ilmiah Direktorat PAUD, 2005.

Harjanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta Rineka Cipta, 1997.

Hoover, Sandier dan Dempsey. "Understanding Parent Involment from Parents Perspective, Parents News Februari

http:www.npin.org/pnews/2008

http://www.nncc.org/Curriculum/better.play.html

Jainy Wood. ed. Guide For Parent And Teachers. London: World Books International, 1992.

Jalal, Fasli. “Makalah Perluasan Layanan Pendidikan Anak Usia Diniâ€. http://www.dwp.or.id/article.2002.

Jamaris, Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak, Jakarta: PPS. UNJ, 2004.

Kamaril, Cut. Makalah Kreativitas dan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini, Jakarta PPS UNJ. 2006

Keer, Adams. Bring Out the Genius in Your Child. Hainlyn. London. 2006.

Konblum, William. Sociology in A Changing World. New York Holt: Richard and Winston Inc. 1988.

Labinowicz, E. D The Piaget Primer Thinking, Learner, and Teaching. California: Wesley Publishing Company,

Laura, Diane; Heroman, Cale The Creative. Washington DC: Teaching Strategies Four Edison. 2002

lndiawati, Yeni. â€Kadoku Toysâ€, http//www.mediapendidikan.Com.Edisi Juni2007

M Stone, Sandra J. Haying, A Kid's Curriculum, 2001 Activities For Young Cliildren Age 2-6. East Lake Avenue

Glenview: United Stated Of America, 1993.

Mary Mayesky, Creativity Activities for Young Children. New York: Denmark Publisher,1990.

McManus, Jasoi, Ed Play Time. Virginia: Time-Life Books Inc. 1987.

Mihaly Csikszentmihaly. Creativity. Flow and the Psychology of Discovery and Invention (New York: Harper Collins

Publisher, 1996.

MNEYC. Teaching Young Children Through Work and Play. http//www- naeeyc. or/resources/ey Iy/2001 /O 2.

httm,2001,

Moshman, David. Adolescent Psychological Development: Rationality, Morality, and Identity New Jersey: Lawrence

Erbium Associated, Inc., 2005.

Movies, K Janet R. The Excelence of Play. Bristol : Open University Press, 1995.

Munadar. S C. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas anak Sekolah. Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: PT

Grasindo, I992.

_______. Kreativitas Pada Masa Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 1982.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Murwani, Santosa. Statistik Terapan. Jakarta PPS UNJ, 1999.

Nordhaus, Steven. Economic Development. http://www.zebras.ron/cbt/chl6.html.

Ormrod,, E, Educatioal Psychology. USA:Developing Learners, 2002.

P, Rahmita. “Pendidikan Usia Dini Hak Semua Anakâ€. Jurnal Ilmiah PAUD. Diknas: 2006.

Padlius, Robert James dan Pakem, Ari. Sosiologi of Education. New Jersey: Prentice-Hall, 1992.

Patmonodewo, Soemiarti, Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta .2000.

Piirto, J. Those Who Create. Dayton, Ohio: Ohio Psychlogi Press .1992.

Rhodes, M. An Analysis of Creativity. Phi, Delta Kappan. 1961.

Rieber, Llyod P. “Seriously Considering Play†http://it.coe.uga.ftdu/irjeber/play.html, 2002.

_______, Llyod P. “The Value of Serious Playâ€, http://lt.coe.uga.edu/Irleber/valuc ofplav.html

Roger, Cosby S. and Sawyers, Janet K. Play in The Lives of Children. Washinton DC: National Association For The

Young Children 1995.

Rogers.CR. Town’s. A. Theory of Creativity. Vernon. (Ed). Creativity Middle Sex: Pinguin Books. 1982.

Rohani. Media Instruksional Edukatif. Jakarta Rineka Cipta. 1997.

S.C. Utami. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2002.

Sadiman. S. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali. 1998.

Saleb Kos dalam tesis hubungan antara SEE dan pengetahuan kesehatan Rumahtangga dan pemeliharaan lingungan

sehat, PPS, UNJ 2001.

Santrock, John W. Life-Spam Devlopment Perkembangan Masa Hidup, Terj. Achmad Chusair. Jakarta, Gelora Aksara

Pratama, 2002.

Scannapieco, Maria dan Carrick, Kelli Connel Understanding Child Maltreatment: An Ecological and Developmental

Perspective. New York, Oxford University, 2005.

Seefeldt, Carol dan Galfer, Alice. Continuing Issues in Early Childhood Education. New Jersey: Prentice Hall, 1990.

Semiawan, C. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Grasinda 1997.

_______. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Gramedia Jakarta, 1984.

_______, Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar). Jakarta:

Prenhallindo, 2002.

Setyawati, Edi. Mainan Tradisional: Ke Arah Peluang Pengembangamya, Lokakarya. Produk Budaya Indonesia,

Jakarta, 2007.

Smith et. al dalam Jhonson, J. E. et. al, Play and Early Childhood Development. New York, Adclison Wesley

Longman, 1999.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990.

Sudjana, Desain dan Analisis Eksperimen. Bandung: Tarsito, 1985.

_______. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito, 1992.

Sudono, Anggani. Peranan alat Permainan Edukatif bagi Anak Usia Dini. Buletin PAUD 2004.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.

Suyanto, Slamet. Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta. Depdiknas. 2003.

Tedjasaputra, Mayke S. Bermain, Mainan dan Pemainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Gramedia, 2005.

Tjandrasa, G.. Melibatkan Anak Menjadi Kreatif. Semarang: Media Publishing, 2001.

Treffinger.D.J., Research on Creativity: Gifted Child Quarterly, 1986.

Triantoro, Safaria. Creativity Quetient, Panduan Mencetakan Kreatif. Edisi 1 Yogyakarta: Platinum Dignosia Media

Baru, 2005.

Tristed Diane. et al; Creative Curriculum for Preschool, Washington DC: Teaching Strategis, Fourth Edition, 2002.

Wijayanti, Nurti. “Pemanfaatan Kardus Bekas sebagai APE pada kelompok bermainâ€, Jurnal ilmiah PTKNF, Vol I

;2006. Jakarta.

Wolfgang, Charles H. dan Wolfgang, Mary E. School for Young Children. Boston: Allyn and Bacon.

Yetti Rahelly, Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di kelas III SD Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, PPs UNJ, Vol 2,

No 2, Mei 2004,

Downloads

Published

2019-09-10

How to Cite

Sopiah, S. (2019). Pengaruh Alat Permainan Edukatif dan Motivasi Belajar terhadap Kreativitas Anak 5-6 Tahun RA I’anatush Shibyan Al-Irsyad 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(1), 27–34. https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i1.3

Issue

Section

Articles

Citation Check