Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Putri Amaliyah Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Yuli Marlina Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i1.1573

Abstract

Penelitian ini berusaha mengkaji penggunaan media pembelajaran yang berfokus pada salah satu aplikasi presentasi berbasis edukasi yaitu Microsoft PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional dengan menggunakan instrument kuesioner yang disebar pada 93 sampel dari total 1.462 populasi seluruh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta. Adapun instrument kuesioner berjumlah 20 butir pernyataan positif dan negative pada masing- masing variabel X dan Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan uji hipotesis ro > rt dengan hasil ro sebesar 0,448 maka hasil tersebut lebih besar daripada “rt†taraf signifikan 5% sebesar 0,207% dan taraf signifikan 1% sebesar 0,267%. Dan hasil penelitian ini adalah pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa. Apabila dilihat rxy yang diperoleh yaitu 0,448 ternyata terletak antara 0,40 – 0,70 berdasarkan pedoman yang terdapat pada tabel. Sehingga dapat dinyatakan bahwa antara korelasi variabel X (Media Pembelajaran PowerPoint) dan Variabel Y (Motivasi Belajar) adalah korelasi yang tergolong sedang atau cukup. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan PowerPoint memiliki korelasi yang sedang/cukup terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dengan nilai sebesar 0,448 atau 44,8%.

Author Biography

Yuli Marlina, Universitas Islam Jakarta

Pendidikan Agama Islam (A)

References

Alcock, I., White, M. P., Taylor, T., Coldwell, D. F., Gribble, M. O., Evans, K. L., Corner, A., Vardoulakis, S., & Fleming, L. E. (2017). ‘Green’ on the ground but not in the air: Pro-environmental attitudes are related to household behaviours but not discretionary air travel. Global Environmental Change, 42, 136–147. https://doi.org/10.1016/j.gloenvcha.2016.11.005

Boulden, R. (2021). Developing 21st-Century Skills through Restorative Practices. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 94(5), 205–215. https://doi.org/10.1080/00098655.2021.1915740

Chen, M., Zhou, C., Wang, Y., & Li, Y. (2022). The role of school ICT construction and teacher information literacy in reducing teacher burnout: Based on SEM and fsQCA. Education and Information Technologies, 27(6), 8751–8770. https://doi.org/10.1007/s10639-022-10989-7

Glynn, S., Taasoobshirazi, G., & Fowler, S. (2007). Analogies: Explanatory tools in web-based science instruction. Educational Technology, 47(5), 45–50.

Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The difficulties of high school students in solving higher-order thinking skills problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532.

Ho, J. C. F., & Yao, M. Z. (2018). Encouraging Learners to Explore Websites: Hyperlinks as Invitations. Journal of Educators Online, 15(2). https://doi.org/10.9743/jeo.2018.15.2.4

Jaich, H., Jastram, S. M., & Blind, K. (2022). Organizational practices as drivers of societal change: contextual spillover effects of environmental management on employees’ public sphere pro-environmental behavior. Sustainability Accounting, Management and Policy Journal. https://doi.org/10.1108/SAMPJ-11-2021-0478

Nugraini, S. H., Choo, K. A., Hin, H. S., & Hoon, T. S. (2013). Students’ feedback of e-av biology website and the learning impact towards biology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 860–869. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.408

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, L. P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 42(2), 99–109.

Smith, V. D., & Darvas, J. W. (2017). Encouraging student autonomy through higher order thinking skills. Journal of Instructional Research, 6, 29–34.

Talmi, I., Hazzan, O., & Katz, R. (2018). Intrinsic motivation and 21st-century skills in an undergraduate engineering project: the formula student project. Higher Education Studies, 8(4), 46. https://doi.org/10.5539/hes.v8n4p46

Umam, K. & L. M. (2021). Problematika dan Efek Negatif Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5, 202–217.

Unin, N., & Bearing, P. (2016). Brainstorming as a Way to Approach Student-centered Learning in the ESL Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224, 605–612. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.450

Yuniar, M., Rakhmat, C. R., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada Soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187–195.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Amaliyah, P., & Marlina, Y. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 7(1), 27–35. https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i1.1573

Citation Check