Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Anisa Aulia Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Yuli Marlina Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i1.1568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi proses pembelajaran di Sekolah dimana guru harus mampu menyiapkan strategi dan model pembelajaran yang baru. Dengan kata lain kegiatan pembelajaran untuk saat ini tidak lagi pembelajaran berpusat pada guru, akan tetapi lebih berpusat kepada siswa. Pembelajaran berpusat kepada siswa akan membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Melihat kondisi ini peran guru tidak hanya diam tetapi menjadi fasilitator yang tetap memberikan ilmu dan pengetahuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan field Research dimana peneliti mengamati dan berpartisipasi secara langsung dalam penelitian skala sosial kecil dan mengamati proses pembelajaran berlangsung. Peneliti secara langsung mengadakan pengamatan untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam penyusunan hasil penelitian. Hasil penelitian didapati menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis pada aktivitas siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya; a) Penggunaan model Small Group Disucssion secara signifikan memberikan pengaruh terhadap mata pelajaran PAI. Teknik yang digunakan dengan membuat diskusi kelompok kecil antar peserta didik, serta menyampaikan hasil dari diskusi kelompoknya. b) Faktor Guru itu sendiri sebagai fasilitator. c) Faktor sarana dan infrastruktur yang sesuai sehingga memudahkan peserta didik pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran

Author Biography

Yuli Marlina, Universitas Islam Jakarta

Pendidikan Agama Islam (A)

References

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2002.

Marlina, Y., Sulaeman, M., & Iryani, E. (2022). The Influence Collaborative Drill Of Intercultural Communication Approach For Undergraduate Student In English Language Learning. Research and Development Journal of Education, 8(1), 13-24.

Mardianto. (2012).Psikologi Pendidikan. Medan:Perdana Publishing

N, Aulia Fitria. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas I Pokok Bahasan Akhlak di SDN Salatiga 08 Kecamatan Sidorejo Tahun Ajaran2011/2012.

Sanjaya, Wina. (2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Suyitno, Amin. Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di SMP, (Semarang: FMIPA UNNES, 2007), hlm. 1.

Suyitno, Amin. Model Pembelajaran Inovatif Bidang PAI-MIPA-Inggris dalam Ranah CTL, (Semarang: FMIPA UNNES, 2009), hlm. 2

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Aulia, A., & Marlina, Y. (2023). Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 7(1), 36–45. https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i1.1568

Citation Check