Evaluasi Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada Guru TK (Evaluasi Program Model Krikpatrik di Indonesia Heritage Foundation 2014)

Authors

  • Putri Ratih Puspitasari Program studi PG- PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas MH. Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan pendidikan karakter pada guru TK. Penelitian ini merupakan evaluasi program dengan menggunakan model kikpatrik yang terdiri dari reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yakni Januari hingga Februari tahun 2015. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan studi dokumen. Sumber data terdiri dari ketua kelompok, kader, peserta, pelaksanaan pertemuan, dan dokumendokumen BKB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada Dimensi reaksi , seluruh kriteria keberhasilan memenuhi indikator (2) Pada Dimensi pembelajaran, seluruh peserta mengalami peningkatan kompetensi dan dapat mempraktekkan pembelajaran (3) Pada Dimensi perilaku, seluruh indicator terpenuhi (4) Pada Dimensi hasil pelayanan pendidikan mendapat peningkatan yang sesuai dengan kriteria ideal.

References

BKKBN. Grand Design Pembinaan Ketahanan Keluarga Balita dan Anak 2012-2025. Jakarta, 2013.

BP3AKB Kab.Karanganyar. Kriteria Ideal BKB. Karanganyar, 2014.

Fitzpatrick, Jody L, James R Sanders, and Blane R Worthen. Program Evaluation (Alternative Approaches and Practical Guidelines). USA Pearson Education, 2004.

Hermino, Agustinus. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama , 2013.

Education, 2004.

Hermino, Agustinus. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama , 2013.

Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung:Alfabeta,2013.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia,2010.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta,2010.

Suyono, Haryono. Pendidikan Perempuan Aset Bangsa. Jakarta : Yayasan Damandiri, 2003.

Unesco office Jakarta. A National Case Study on Early Childhood: INDONESIA. Jakarta, 2003.

Wirawan. Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok: Rajawali Pers, 2012.

Downloads

Published

2019-09-10

How to Cite

Puspitasari, P. R. (2019). Evaluasi Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada Guru TK (Evaluasi Program Model Krikpatrik di Indonesia Heritage Foundation 2014). Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i1.9

Issue

Section

Articles

Citation Check