Pelaku dan Korban Cyber Bullying di Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

Authors

  • nur aida Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.767

Abstract

Penggunaan internet dalam era globalisasi, memberi kemudahan bagi penguna melakukan aktifitasnya sampai melewati batas dunia melalui dunia maya. Aktifitas yang dilakukan tidak saja yang bersifat positif, namun tindakan perbuatan yang tidak disenangipun dapat dilakukan melalui media sosial dalam bentuk bullying. Kecanggihan alat elektronik ini juga didominasi pemakaiannya oleh remaja atau generasi muda yang usianya rata-rata adalah usia sekolah/pelajar. Mereka acapkali melakukan aktifitas melalui media sosial tanpa berpikir bahwa isi dan informasi yang diberikan dapat menimbulkan akibat hukum, terutama hukum Pidana yang menjerat mereka karena kurangnya pengetahuan bahwa informasi yang dibuat dapat bersifat melawan hukum. Metode yang digunakan adalah diskriptif  kualitatif.  Pelaku dan korban perundungan umumnya saling mengenal, sehingga perbuatan perundungan dapat disebut sebagai  bentuk lain dari interaksi negatif dalam dunia maya.

Author Biography

nur aida, Universitas Islam Jakarta

Fakultas Ilmu Hukum (B)

References

Atmowidjoyo, S., Sulaeman, M., & Marlina, Y. (2020). The effect of Using Gadget in Academic Procrastination and Its Impact on Junior High School Students ’ Achievement. 29(6), 7021–7027.

Final Declaration of the Regional Meeting for Asia of the world Conference on Human Rights. (2019). In Asian Yearbook of International Law, Volume 3 (1993). https://doi.org/10.1163/9789004400627_025

Kusumasari, D., & Arifianto, S. (2020). Makna Teks Ujaran Kebencian Pada Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 12(1). https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.4045

Mardianto. (2019). Prasangka dan Ujaran Kebencian Siber: Peran Pola Komunikasi Daring dan Algoritma Media Sosial (Ruang Gema dan Gelembung Informasi ). Psikologi Sosial Di Era Revolusi Industri 4.0: Peluang Dan Tantangan.

Martínez-Monteagudo, M. C., Delgado, B., Inglés, C. J., & Escortell, R. (2020). Cyberbullying and social anxiety: A latent class analysis among spanish adolescents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(2). https://doi.org/10.3390/ijerph17020406

Ningrum, D. J., Suryadi, S., & Chandra Wardhana, D. E. (2019). KAJIAN UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3). https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6779

Novita, D., & Martiastuti, K. (2021). FENOMENA NOMOPHOBIA PADA ANAK USIA DINI BERDASARKAN TIPOLOGI WILAYAH DAN HUBUNGANNYA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL DAN ANTISOSIAL. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(01). https://doi.org/10.21009/jkkp.081.09

Raihan, Yusuf Durachman, Achmad Sutrisna, Mulki Siregar, & Cahyono. (2021). ROLE OF FAMILY AND ENVIRONMENT IN THE USE OF SOCIAL MEDIA AND THE IMPACT OF BULLYING BEHAVIOR IN JUNIOR HIGH SCHOOL. 1–10.

Widayati, L. S. (2018). Ujaran Kebencian : batasan pengertian dan larangannya. Info Singkat.

Downloads

Additional Files

Published

2022-03-31

How to Cite

aida, nur. (2022). Pelaku dan Korban Cyber Bullying di Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(1), 83–99. https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.767

Citation Check