Analisis Kesalahan Dalam Menggunakan Question Tag Oleh Mahasiswa Semester Dua Program Studi Manajemen Universitas MH. Thamrin

Authors

  • Akhmad Subkhi Ramdani Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Noerlina Anggraeni Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.426

Abstract

Question tag adalah salah satu jenis pertanyaan yang paling sering muncul dalam percakapan. Namun, dalam pelaksanaannya banyak mahasiswa yang tidak bias menjawab pertanyaan jenis ini dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa semester dua Programm Studi Manajemen Universitas MH.Thamrin dalam menggunakan Question tag.

Selanjutnya, data penelitian ini dikumpulkan menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Peneliti menggunakan tes untuk mengumpulkan data dan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa terhadap Question tag. Selain itu, tes ini juga menggunakan  Cronbach Alpha untuk menemukan reliability. Kemudian, dalam menganalisis data, peneliti menggunakan statistik deskriptif melalui langkah-langkah berikut: 1) memberikan skor pada tes mahasiswa, 2) menemukan nilai rata-rata dari skor mahasiswa, 3) mengubah skor menjadi persentase, dan 4) menggunakan interval untuk menemukan pemahaman mahasiswa dalam penggunaan Question tag. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan mahasiswa semester dua Program Studi Manajemen dalam menggunakan Question tag dapat dikatakan baik dengan hasil 81,25%. Namun, peneliti juga menemukan akan adanya interferensi bahasa yang menyebabkan mahasiswa mendapatkan 28,75% kesalahan dalam menjawab soal.

References

Baker, D. (2015). Changing English: Tag Questions. ELT Journal Volume 69/3 July 2015; doi:10.1093/elt/ccv015. Oxford University Press.

Brasch, H. (2013). Investigating Swedish Pupils’ Command of Canonical Question Tags with Reverse Polarity at Different Stages of Learning. Sweden: Inst för Sprâk Och Litteraturer

Hidayat, R. (2015). An Analysis on Students’ Ability in Using Question Tags at The Ninth Grade of One Junior Hign School in Jambi. Jambi: Repository FKIP Universitas Jambi.

Indriyati, R. (2007). The Profile of Students Mastery of Question Tags: The Case of The Third Year Students of SLTP Institut Indonesia Semarang. Faculty of Language and Art. State University of Malang. Semarang.

Krifka, M. (2015), Bias in Commitment Space Semantics: Declarative Questions, Negatied Questions, and Question Tags. Proceeding of SALT 25: 328-345, 2015. Berlin: Humboldt-Universität Berlin & Zentrum für Allgemeine Sprachwissenschaft (ZAS).

Lukácsi, Z. (2008). Language and Gender: How Question Tags are Classified and Characterised in Current EFL Materials. Hungary: UPRT 2008. Empirical Studies in English Applied Linguistics. Lingua Franca Csoport.

Weinreich, Uriel. 1968. Language in Contact. Mouton: The Hauge-Paris

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Ramdani, A. S., & Anggraeni, N. (2021). Analisis Kesalahan Dalam Menggunakan Question Tag Oleh Mahasiswa Semester Dua Program Studi Manajemen Universitas MH. Thamrin. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(2), 13–19. https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.426

Citation Check