Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Penerapan Metode Qiraati terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an

Authors

  • Saat Safaat Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v2i1.33

Keywords:

Kemampuan Baca Al-Quran, Kompetensi Pedagogik, dan Metode Qiraati

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Iman, Tanah Baru, Depok. Diperoleh keterangan bahwa kompetensi pedagogik guru dan penerapan metode Qiraati dalam proses pembelajaran sudah baik akan tetapi masih ada siswa yang kurang dalam kemampuan baca Al-Qur’an. Berdasarkan fenomena empirik yang terjadi dilapangan maka penulis merasa tertarik untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan penerapan metode Qiraati terhadap kemampuan baca Al-Qur’an.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan baca Al-Qur’an dan pengaruh penerapan metode Qiraati terhadap kemampuan baca Al-Qur’an. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Nurul Iman, Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok yang berjumlah 450 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 115 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan diantaranya adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengujian persyaratan analisis, pengujian hipotesis, dan mendescripsikan hasil penelitian.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan bahwa: 1)Variabel Kompetensi Pedagogik guru memberikan pengaruh nyata terhadap kemampuan baca Al-Qur’an dengan nilai korelasi sebesar 73,8% 2). Variabel penerapan metode Qiraati memberikan pengaruh nyata terhadap kemampuan baca Al-Qur’an dengan nilai korelasi sebesar 57,0% dan 3). Kompetensi pedagogik guru dan penerapan metode Qiraati memberi pengaruh terhadap kemampuan baca Al-Qur`an dengan nilai koefisiensi korelasi sebesar 57,1%. Ini memberikan makna bahwa kemampuan baca Al-Qur`an sangat dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru dan penerapan metode Qiraati yang baik, sehingan harus dikembangkan terus menerus agar kemampuan baca Al-Qur`an makin baik, benar dan meningkat.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Bandung: Rineka Cipta, 1993.

Ash Shidieqy, Teunku Muhammad Hasbi. Ilmu-ilmu Al-Quran, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2002.

Chatib, Munif. Gurunya Manusia. Bandung: Penerbit Kaifa PT Mizan Pustaka, 2011.

Daradjat, Zakiah. Kepribadian Guru. Jakarta: PT Bulan Binatang, 2005.

--------------------. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

--------------------. Pendidikan Agama dalam pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

---------------------. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1997.

Departemen Agama. UU RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Serta UU RI No.20 Tahun

Tentang Sisdiknas.

Depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah N0. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen.

http://www.depdiknas.go.id/inlink.

E. Mulyasa. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2007.

Fathoni, Ahmad. Kaidah Qiraat Tujuh. Jakarta: Darul Ulum Press, 2007.

Ferdinand, AT. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Undip, 2006.

Guntur Tarigan, Henry. Metodologi Pengajaran Bahasa 2. Bandung: Angkasa 1991.

Halim, Muhammad Abdul. Memahami Al-Qur’an. Bandung: Marja, 2002.

Hasan, Fuad. Depdikbud Hadapi Kendala yang Sama. Kompas, 1992.

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2012/01/29/kompetensi-pedagogilk-guru, diunduh hari Selasa,

Maret 2014, Pukul 08.52.

http://cmslokomedia.widiyanto.com/berita-141-7-aspek-kompetensi-pedagogik-guru.html, diunduh

hari selasa, 18 Maret 2014, Pukul 08.52.

http://literaturkti.blogspot.com/2012/09/pengertian-hasil-belajar.html, diunduh hari Selasa, 18 Maret

, Pukul 09.17.

Isa, Kamal Muhammad. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Fikahati Anesta, 1994.

M. Zainuddin. Paagdima Pendidikan Terpadu. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Mubarok, Ahmad. Jiwa Dalam Al-Qur`an. Jakarta: Paramadina, 2000.

Munir, Ahmad dan Sudarsono. Ilmu Tajwid dan Seni baca Al-Quran. Jakarta: Rineka Ciptaa, 1994.

Murad, Khuram. Generasi Qurani Meniti Jalan dan Menyikapi Kalam Allah. Surabaya: Risalah Gusti,

Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.

Permendiknas No.11 Tahun 2005Tentang Buku Teks Pelajaran dan PP RI No.19 Tahun 2005 Tentang

SNP.

Prasetyo, Dwi Sunar. Rahasia mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta:

Penerbit Think, 2008.

Purwanto, M Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rieneka Cipta, 2005.

Qohar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlanga, 2007.

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Quran. Jakarta: Lentera, 2006.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur`an. Bandung: Mizan, 2000.

Slameto. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Surapto, Choirul Fuad Yusuf, dkk. Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan. Jakarta: PT Pena

Citasatria, 2008.

Surasman, Otong. BBM Al-Qur’an Metode As-Surasmaniyyah. Jakarta: Gema Insani, 2013.

Team Penyusun Phoenix. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Media Pustaka Phoenix, 2008.

Umdira, Abdur Rahman. Metode Al-Qur’an dalam Pendidikan. Jakarta: Ciputat Pres, 2002.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra

Umbara, 2006.

Wajih, Ahmad Alwafa. Metodholgy Qiroaty.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: PT Hidakarya, 1989.

Downloads

Published

2019-09-12

How to Cite

Safaat, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Penerapan Metode Qiraati terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.37012/jipmht.v2i1.33

Issue

Section

Articles

Citation Check