Pengaruh Penggunaan Program Computer Assisted Instruction (CAI) Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i2.28Keywords:
(CAI), Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimen, Klaster Random SamplingAbstract
Pengaruh Penggunaan Program Computer Assisted Instruction (CAI) terhadap Hasil Belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan CAI terhadap hasil belajar IPA pada materi sifat bahan dan perubahan benda. Penelitian menggunakan sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Klaster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar IPA dengan materi sifat bahan dan perubahan benda, kemudian dihitung normalitas data menggunakan liliefors dan homogenitas kelas menggunakan uji F. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas tidak homogen. Selanjutnya dianalisa dengan uji t. Hasil penghitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 3.56. Harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 34 adalah 1,70. Oleh karena harga thitung lebih besar daripada t tabel (2,26 > 1,70), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, program CAI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA pada materi sifat bahan dan perubahan benda.
References
Adri, Muhammad. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Media
pembelajaran, http://directory.umm.ac.id/tik/adri-multimedia-pengajaran.pdf (diakses pada tanggal 29 Maret 2011)
Angkowo, R. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo,2007.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1997.
Asri Budiningsih, C. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Asy‟ari, Muslichach. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar .Depdiknas, 2006.
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2009.
Depdiknas, Undang-undang Replublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 2003
Ellysabeth “Pengaruh Penggunaan VCD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Binaan V Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusatâ€, Skripsi (Jakarta: FIP, UNJ, 2010).
Evita et al. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Lembaga Akta Mengajar, 2004.
G. Bitter, Gary dkk. Mathematics Methods For The Elementary And Middle School. Boston: Allyn and Bacon, 1989.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar . Jakarta: Bumi Aksara, 2001
http://abdussakir.wordpress.com/2009/01/25/pembelajaran-matematika-dengan-komputer/ (diakses pada tanggal 14 Maret 2011) http://www.papert.org/ (diakses pada tanggal 21 Maret 2011)
Imron, Ali. Belajar dan Pembelajaran .Jakarta: Pustaka Jaya,
Kadir. Statistik untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna, 2010.
Kountour, Ronny. Metode Pendidikan untuk Penulisan Skripsi dan Tesis: Penerbit PPM,2005.
M. Iskandar, Srini. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta:Depdikbud,
Mustolih, Multi Media dalam Pembelajaran. 2007
Nasution. Didaktik Azas-azas Mengajar . Bandung : Bumi Aksara, 1994.
Nasution, S., Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara. 2000
Percival Fred and Henry Elington, Teknologi Pendidikan.Jakarta: Erlangga, 1988.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Qurtubi, Ahmad. Perencanaan Sistem Pengajaran . Tanggerang: PT. Bintang Harapan Sejahtera,
Rohani, Ahmad. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Sagala, Saiful. Konsep dan Makna Pembelajaran Bandung: Alfabetha, 2003.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sudjana, Nana. Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: LPFEUI, 1992.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar .Bandung : PT Remaja Posdakarya.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sumaji. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius, 1998.
Sobry Sutikno, M. Belajar dan Pembelajaran .Bandung: Prospect, 2008.
Syah Darwyan,et. Al.Strategi Belajar Mengajar .Jakarta : Diadit Media, 2009.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya,
Syah, Muhibin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo,2003.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru .Jakarta: Rosda, 2008.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar .Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.Yulaelawati, Ella. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori dan Aplikasi Bandung : Pakar Raya,
Yulianto Nugroho Agung. Pembelajaran Berbantuan Komputer, Educational Technology Documents Universitas Negeri Surabaya,
http://powerpoint.tp.ac.id/?i=presentationtemplates:%20classic%20tutorial,%20horton%202000.ppt (diakses pada tanggal 30 Maret 2011).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.