Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris Melalui Teknik Pemetaan Pikiran (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa UPT MKU Universitas Negeri Jakarta)
DOI:
https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i2.27Keywords:
menulis narasi, teknik peta pikiran (mind mapping)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis melalui teknik peta pikiran. Teknik ini digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis untuk mengetahui teknik pembelajaran menulis yang terbaik dan tepat sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Data penelitian ini bersifat kualitatif. Data kualitatif diperoleh dengan mengamati proses belajar mengajar selama pelaksanaan tindakan, serta wawancara siswa dan kolaborator tentang tindakan yang diimplementasikan. Penelitian dilakukan di UPT MKU UNJ dengan subjek penelitian mahasiswa yang berjumlah 30 mahasiswa. Teknik penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri
dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisis data kemampuan mahasiswa dan aktivitas mahasiswa menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa siklus I memperoleh nilai ratarata aktivitas mahasiswa sebesar 46,5% dan pada siklus II terdapat peningkatan menjadi 66,5%
kemudian meningkat lagi di siklus III menjadi 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Peta Pikiran (mind mapping) pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi di UPT MKU UNJ.
References
Akhadiah, S., Arsjad, M.G. & Ridwan, S.H. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris. Jakarta: Erlangga, 1991
Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006
BSNP. Standar Isi (Keputusan Menteri No. 22, 23, 24 Tahun 2007) Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BSNP, 2007
Buzan, Tony, Use both side your brain, diterjemahkan oleh F Anmy Boediman (Surabaya: Ikon, 2003).
Depdiknas, Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris (Depdiknas: Jakarta, 2003),
DePorter, Bobbi; Reardon, Mark; Singer-Nourie, Sarah. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifa, 2001
Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra (Yogyakarta: BPFE, 1995),
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. (Bandung: Alfabeta, 2008).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.