Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris Melalui Teknik Pemetaan Pikiran (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa UPT MKU Universitas Negeri Jakarta)

Authors

  • Ayatullah Ayatullah Program studi Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas MH. Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i2.27

Keywords:

menulis narasi, teknik peta pikiran (mind mapping)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis melalui teknik peta pikiran. Teknik ini digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis untuk mengetahui teknik pembelajaran menulis yang terbaik dan tepat sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Data penelitian ini bersifat kualitatif. Data kualitatif diperoleh dengan mengamati proses belajar mengajar selama pelaksanaan tindakan, serta wawancara siswa dan kolaborator tentang tindakan yang diimplementasikan. Penelitian dilakukan di UPT MKU UNJ dengan subjek penelitian mahasiswa yang berjumlah 30 mahasiswa. Teknik penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri
dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisis data kemampuan mahasiswa dan aktivitas mahasiswa menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa siklus I memperoleh nilai ratarata aktivitas mahasiswa sebesar 46,5% dan pada siklus II terdapat peningkatan menjadi 66,5%
kemudian meningkat lagi di siklus III menjadi 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Peta Pikiran (mind mapping) pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi di UPT MKU UNJ.

References

Akhadiah, S., Arsjad, M.G. & Ridwan, S.H. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris. Jakarta: Erlangga, 1991

Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006

BSNP. Standar Isi (Keputusan Menteri No. 22, 23, 24 Tahun 2007) Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BSNP, 2007

Buzan, Tony, Use both side your brain, diterjemahkan oleh F Anmy Boediman (Surabaya: Ikon, 2003).

Depdiknas, Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris (Depdiknas: Jakarta, 2003),

DePorter, Bobbi; Reardon, Mark; Singer-Nourie, Sarah. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung: Kaifa, 2001

Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra (Yogyakarta: BPFE, 1995),

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. (Bandung: Alfabeta, 2008).

Downloads

Published

2019-09-12

How to Cite

Ayatullah, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris Melalui Teknik Pemetaan Pikiran (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa UPT MKU Universitas Negeri Jakarta). Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(2), 23–30. https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i2.27

Issue

Section

Articles

Citation Check