Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor

Authors

  • Wiwit Wijayanti Dosen Program studi Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas MH. Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i2.25

Keywords:

Prestasi belajar, Prima Husada

Abstract

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru/dosen. Tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar di
Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor Tahun 2015. Metode yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan Cross sectional.Populasinya adalah seluruh
mahasiswa Akademi kebidanan Prima Husada Bogor.Sampel yang digunakan adalah 150 mahasiswa.Mata kuliah yang dijadikan sampel adalah asuhan kebidanan persalinan.Teknik sampel secara Purposive sampling. Analisis univariat menunjukkan bahwa 79% mahasiswa yang mendapat prestasi belajar ASKEB
Persalinan rendah. Hasil uji Chi-square menyatakan bahwa dari lima variabel yang diteliti memiliki hubungan yang bermakna dengan nilai p-Value dari masing-masing variabel yaitu kecerdasan emosional (p = 0,005), minat belajar (p = 0,000), sikap belajar (p = 0,003), teman sebaya (p = 0,000) dan motivasi
(p = 0,002). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa rendahnya prestasi belajar ASKEB Persalinan yang meliputi kecerdasan emosional, minat belajar, sikap belajar, teman sebaya dan motivasi belajar dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Saran untuk institusi pendidikan diharapkan untuk dapat meningkatkan kecerdasan emosional mahasiswa agar lebih percaya diri, menumbuhkan minat mahasiswa dalam belajar, memantau sikap mahasiswa agar tidak tumbuh sikap yang negatif, meningkatkan keakraban antara dosen dengan mahasiswa agar tidak terpengaruh oleh teman sebaya yang mengarah pada hal kurang baik dan berikan pada mahasiswa motivasi yang membangun agar mereka memiliki semangat untuk maju.

References

A Choiriah, 2013, Pengaruh Kecerdasan Emosional, KecerdasanIntelektual,

Kecerdasan Spiritual Dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor Dalam Kantor Akuntan

Publik. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Padang. Sumatra Barat

A Ifham, A. 2002 .Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kewirausahaan Pada

Mahasiswa. Skripsi Fakultas Psikologi. Universitas Gajah Mada. Yogjakarta

Aripin.Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Arjanggi, (2010).Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar

Regulasi-Diri. Fakultas Psikologi, UniversitasIslam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Indonesia

Azwar, Saipudin. (2010). Sikap Manusia.Yogyakarta : Liberty

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan.Jakarta : Rineka Cipta

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence, Mengapa EI lebih penting daripada IQ (Terjemahan : T.

Hermaya . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, J dan De Claire, J. (2005).Kiat-kiat Membesarkan Anak Yang MemilikiKecerdasan

Emocional. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar .(2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayat, A. (2007). Metode Penelitian Kebidanan & Teknik Analisis Data Jakarta : Salemba Medika

Notoatmojdjo, S. (2012).Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Prihartini, (2011).Hubungan Sikap dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Keterampilan

Dasar Praktik Klinik Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Purnaningtyas, ( 2008).Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran

Seni Budaya SMP

Purwanto, Ngalim. (2004). Psikologi Pendidikan.Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Riduwan, (2013).Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: ALFABETA

Rohmah, (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar

Mata Kuliah Askeb 3 Mahasiswa Prodi DIV Kebidanan FK UNS Tahun Ajaran

/2010.Semarang

Safari.2005.Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi.Jakarta:APSI Pusat

Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan / Educational Psychology, Jakarta : Salemba Humanika.

Sardiman.(2011).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali Pers

Shapiro. (2003). Kecerdasan Emosional pada Anak. Jakarta : Gramedia

Slameto.(2013). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT RemajaRosdayakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penalitian Kuantitatip, kualitatip dan R & D. Bandung:ALFABETA

Suharno. (2009). Langkah Jitu Memulai Bisnis dari Nol. Jakarta : Penebar Swadaya.

Syah, Muhibbin.(2009).Psikologi Belajar. Jakarta:Rajawali Pers

Tu’u, T. 2004.Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta: PT.Grasindo.

Tresia.(2011). hubungan harga diri dan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada mata kuliah

asuhan kebidanan IV Patologi mahasiswa semester VII di prodi DIV. Skripsi Jurusan

Kebidanan. Universitas SebelasMaret. Surakarta

TIM .(2007).Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka

Wijayanti.(2011). Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Asuhan

Kebidanan II pada Mahasiswa Semester III Akbid Mitra Husada Karanganyar. Karanganyar.Banten

Downloads

Published

2019-09-12

How to Cite

Wijayanti, W. (2019). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i2.25

Issue

Section

Articles

Citation Check