Pengaruh Model Inquiry Pictorial Riddle (IPR) Berbantuan Media Monopoli terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ajeng Tina Mulyana Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Saat Syafaat Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v8i2.2345

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas III SDN Pinang Ranti 04 Pagi, ditemukan adanya permasalahan pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar yang dilihat dari hasil penilaian rutin yang kurang meningkat serta terdapat kesulitan siswa dalam mengoperasikan rumus luas dan kelilng bangun datar. Untuk mengatasi hal tesebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle (IPR) dengan bantuan media monopoli yang mana model pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif dan solusi untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan adanya pengaruh yang signfikan terhadap hasil belajar matematika materi pengukuran luas dan keliling pada kelas III SDN Pinang Ranti 04 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, pendekatan kuantitatif, desain True Experimental (eksperimen asli) dalam bentuk posttest only control group design, dengan responden 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan nilai posttest yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t, berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 5,16 dan ttabel = 1,69 pada taraf signifikan ???? = 0,05 dan dk = 30. Oleh karena itu, thitung > (lebih besar) ttabel (5,16>1,69), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, kesimpulan analisis yaitu terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar matematika materi pengukuran luas dan keliling bangun datar dengan bantuan media monopoli kelas III SDN Pinang Ranti 04 Pagi.

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Mulyana, A. T., & Syafaat, S. (2024). Pengaruh Model Inquiry Pictorial Riddle (IPR) Berbantuan Media Monopoli terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 8(2), 17–25. https://doi.org/10.37012/jipmht.v8i2.2345

Citation Check