Pengaruh Model Inquiry Pictorial Riddle (IPR) Berbantuan Media Monopoli terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.37012/jipmht.v8i2.2345Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas III SDN Pinang Ranti 04 Pagi, ditemukan adanya permasalahan pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar yang dilihat dari hasil penilaian rutin yang kurang meningkat serta terdapat kesulitan siswa dalam mengoperasikan rumus luas dan kelilng bangun datar. Untuk mengatasi hal tesebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle (IPR) dengan bantuan media monopoli yang mana model pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif dan solusi untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan adanya pengaruh yang signfikan terhadap hasil belajar matematika materi pengukuran luas dan keliling pada kelas III SDN Pinang Ranti 04 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, pendekatan kuantitatif, desain True Experimental (eksperimen asli) dalam bentuk posttest only control group design, dengan responden 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan nilai posttest yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t, berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 5,16 dan ttabel = 1,69 pada taraf signifikan ???? = 0,05 dan dk = 30. Oleh karena itu, thitung > (lebih besar) ttabel (5,16>1,69), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, kesimpulan analisis yaitu terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar matematika materi pengukuran luas dan keliling bangun datar dengan bantuan media monopoli kelas III SDN Pinang Ranti 04 Pagi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ajeng Tina Mulyana, Saat Syafaat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.