Perencanaan Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 44 Palembang

Authors

  • Nabila Regita Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Febriyanti Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Zulkipli Zulkipli Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i2.1791

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perencanaan Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 44 Palembangâ€. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 44 Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, wakil sarana dan prasarana, staff tata usaha, dan guru. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 44 Palembang berjalan dengan baik dan sudah terlaksananya perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 44 Palembang memperhatikan indikator dari perencanaan pengadaan sarana dan prasarana yaitu menetapkan target atau tujuan, merumuskan keadaan saat ini, mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan, dan mengembangkan rencana. Adapun faktor pendukungnya yaitu sumber daya manusia, serta lingkungan. Adapun faktor penghambatnya yaitu keterbatasan dana jika dana tidak mencukupi untuk memenuhi pengadaan sarana dan prasarana.

References

Annur, Saipul. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif). Palembang: Noer Fikri Offset.

Lexy J. Moleong. (2013). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdaka Karya

Sayidah, Nur. (2018). Metodologi Penelitian Disertai Dengan Contoh penerapannya dalam penelitian. Zifatama Jawara.

Umrati, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Teknologi Jaffray

Hardani, dkk., Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020)

Seto Mulyadi. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method. Depok: PT Raja Grafindo

Sofiyandi. (2010). Manajemen Training dan Rekrutmen. Bandung: Universitas Widyatama

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2004). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cifta

Hindun. (2016). Perencanaan Strategis dan Prilaku Manajerial Lembaga-Lembaga Pendidikan. IAIN Sulthan Thaha Saifudin: Al-Fikrah

Nasution, Wahyu Nur. 2017. Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur, Jurnal ITTIHAD, Vol. 1, No. 2

Bafadal, Ibrahim. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, Volume 6, Nomor 1

Sayuti, Hasibuan. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia : pendekatan non sekuler, Surakarta: Muhammadiyah University Press

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Regita, N., Febriyanti, F., & Zulkipli, Z. (2023). Perencanaan Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 44 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 7(2), 87–96. https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i2.1791

Citation Check