Perencanaan Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 44 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i2.1791Abstract
Skripsi ini berjudul “Perencanaan Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 44 Palembangâ€. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 44 Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, wakil sarana dan prasarana, staff tata usaha, dan guru. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 44 Palembang berjalan dengan baik dan sudah terlaksananya perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 44 Palembang memperhatikan indikator dari perencanaan pengadaan sarana dan prasarana yaitu menetapkan target atau tujuan, merumuskan keadaan saat ini, mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan, dan mengembangkan rencana. Adapun faktor pendukungnya yaitu sumber daya manusia, serta lingkungan. Adapun faktor penghambatnya yaitu keterbatasan dana jika dana tidak mencukupi untuk memenuhi pengadaan sarana dan prasarana.
References
Annur, Saipul. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif). Palembang: Noer Fikri Offset.
Lexy J. Moleong. (2013). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdaka Karya
Sayidah, Nur. (2018). Metodologi Penelitian Disertai Dengan Contoh penerapannya dalam penelitian. Zifatama Jawara.
Umrati, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Teknologi Jaffray
Hardani, dkk., Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020)
Seto Mulyadi. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method. Depok: PT Raja Grafindo
Sofiyandi. (2010). Manajemen Training dan Rekrutmen. Bandung: Universitas Widyatama
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2004). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cifta
Hindun. (2016). Perencanaan Strategis dan Prilaku Manajerial Lembaga-Lembaga Pendidikan. IAIN Sulthan Thaha Saifudin: Al-Fikrah
Nasution, Wahyu Nur. 2017. Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur, Jurnal ITTIHAD, Vol. 1, No. 2
Bafadal, Ibrahim. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, Volume 6, Nomor 1
Sayuti, Hasibuan. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia : pendekatan non sekuler, Surakarta: Muhammadiyah University Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nabila Regita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.