Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • Ernawati Harahap Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Eunike Novitasari Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Venty Indah Puspitasari Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Indro Wiyarno Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Tita Juwita Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Femi Indriyatama Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Nuris Azizah Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Siti Maesyaroh Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Miftahul Jannah Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Nurlaelah Nurlaelah Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Pujiarto Pujiarto Program Magister, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.995

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Gaya kepemimpinan (X1) dan Budaya organisasi (X2) terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan berdasarkan persepsi orang tua siswa terkait dengan variabel Gaya kepemimpinan (X1), variabel Budaya organisasi (X2) dan variabel kepuasan pembelajaran anak usia dini (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelompok B di TA/TK Al Azhar Syifa Budi dengan sampel penelitian orang tua siswa kelompok B yang berjumlah 54 orang. Dengan teknik sampel jenuh seluruhnya sebanyak 54 orang digunakan sebagai sampael penelitian. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana untuk menguji pengaruh (X1) terhadap (Y), Pengaruh X2 terhadap Y, dan analisis regresi ganda menguji X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Hipotesa penelitian a). diduga Gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini.; b) Budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini.; c). Gaya kepemimpinan dan Budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini.

Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, Budaya organisasi, kepuasan pembelajaran, Anak Usia Dini

References

REFERENSI

Cahyono, Ari. 2012. Analisa Pengaruh Kepemimpinan, motivasi, dan budaya organisasi terhadap kinerjaDosen dan Karyawan di Universitas Pawyatan Daha Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi Vol.1 Nomor 1.

Colquitt, Jason A, Jeffrey A, and Michael J. Wesson. 2009. Organizational, International Edition. McGraw-Hill/Irwin, New York.

Ermawan, Erni. R. 2011. Organizational Culture : Budaya Organisasi Dalam Perspektif Ekonomi dan Bisnis. Alvabeta, Bandung

Fred Luthans. 2006. Perilaku Organisasi, Edisis Kesepuluh. Penerbit : Andi Offset. Gibson, Ivancevich, Bonnelly. 1996. Organisasi Perilaku Struktur Proses. Jillid I. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Horrison R, and Stokes H. 1992. Diagnosing Organizational Culture. San Fransisco : Jossey-Bass-Preiffer.

Indriani, Etty. 2009. Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal SDM, STIE AUB Surakarta.

Ivancevich Robert Konopaske and Michael T. Matteson. 2008. Organizational Behaviour and Management, Eight Edition. International Edition. McGraw-Hill/Irwin, New York.

Jacob and Jacques. 2008. The Relationship Among Principal Leadership, School Culture, and Student Achievment In Missouri Midle Schools. University of Missouri-Columbia.

Kartono, Kartini, 2005. Kepemimpinan : Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kreitner, Robert and Angelo Kinicki. 2008. Organizational Behaviour, Eight Edition. International Edition. McGraw-Hill/Irwin, New York.

Mangkunegara Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Rosda. Bandung.

Maryani, 2011. Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan serta Pengembangan karyawan terhadap kepuasan kerja dan Kinerja Karyawan pada Perusahaan Ritel di Sulawesi Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 9 Nomor 3.

Robbins, S. P. 2006. Teori Organisasi : Struktur Desain dan Aplikasi. Ahli Bahasa: Yusuf Udaya. Jakarta : Arcan.

Robbins, S. P. and Mary Coulter. 2007. Management, Ninth Edition. International Edition. New Jersey : Pearson Education. Inc.

Soeprihanto, John. 2000. Penelitian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Sutrisno Edy. 2010. Budaya Organisasi. Kencana Prenada Media Group.

Alder, H. 2001. Boost Your Intelligence, terjemahan Kristina Prianingsih. Jakarta: Erlangga,.

Anwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rieka Cipta.

Bloom, B.S. 1981. Taxonomy of Educational Objective. Handbook I. New York: Xongman Inc.

Kerlinger, F. N. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. AL-Ta Lim, 20(3), 459. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (5th ed.). Indeks.

Supriyadi et. al. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Sidang Skripsi Secara Daring Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin. Vol 5, No. 1, Maret 2021. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i1.528

Supriyadi. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas terhadap Hasil Belajar Videografi, Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i1.457

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Harahap, E., Novitasari, E., Puspitasari, V. I., Wiyarno, I., Juwita, T., Indriyatama, F., … Pujiarto, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(1), 125–145. https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.995

Citation Check