Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.995Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Gaya kepemimpinan (X1) dan Budaya organisasi (X2) terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan berdasarkan persepsi orang tua siswa terkait dengan variabel Gaya kepemimpinan (X1), variabel Budaya organisasi (X2) dan variabel kepuasan pembelajaran anak usia dini (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelompok B di TA/TK Al Azhar Syifa Budi dengan sampel penelitian orang tua siswa kelompok B yang berjumlah 54 orang. Dengan teknik sampel jenuh seluruhnya sebanyak 54 orang digunakan sebagai sampael penelitian. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana untuk menguji pengaruh (X1) terhadap (Y), Pengaruh X2 terhadap Y, dan analisis regresi ganda menguji X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Hipotesa penelitian a). diduga Gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini.; b) Budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini.; c). Gaya kepemimpinan dan Budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelajaran anak usia dini.
Kata Kunci: Gaya kepemimpinan, Budaya organisasi, kepuasan pembelajaran, Anak Usia Dini
References
REFERENSI
Cahyono, Ari. 2012. Analisa Pengaruh Kepemimpinan, motivasi, dan budaya organisasi terhadap kinerjaDosen dan Karyawan di Universitas Pawyatan Daha Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi Vol.1 Nomor 1.
Colquitt, Jason A, Jeffrey A, and Michael J. Wesson. 2009. Organizational, International Edition. McGraw-Hill/Irwin, New York.
Ermawan, Erni. R. 2011. Organizational Culture : Budaya Organisasi Dalam Perspektif Ekonomi dan Bisnis. Alvabeta, Bandung
Fred Luthans. 2006. Perilaku Organisasi, Edisis Kesepuluh. Penerbit : Andi Offset. Gibson, Ivancevich, Bonnelly. 1996. Organisasi Perilaku Struktur Proses. Jillid I. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Horrison R, and Stokes H. 1992. Diagnosing Organizational Culture. San Fransisco : Jossey-Bass-Preiffer.
Indriani, Etty. 2009. Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal SDM, STIE AUB Surakarta.
Ivancevich Robert Konopaske and Michael T. Matteson. 2008. Organizational Behaviour and Management, Eight Edition. International Edition. McGraw-Hill/Irwin, New York.
Jacob and Jacques. 2008. The Relationship Among Principal Leadership, School Culture, and Student Achievment In Missouri Midle Schools. University of Missouri-Columbia.
Kartono, Kartini, 2005. Kepemimpinan : Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kreitner, Robert and Angelo Kinicki. 2008. Organizational Behaviour, Eight Edition. International Edition. McGraw-Hill/Irwin, New York.
Mangkunegara Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Rosda. Bandung.
Maryani, 2011. Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan serta Pengembangan karyawan terhadap kepuasan kerja dan Kinerja Karyawan pada Perusahaan Ritel di Sulawesi Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 9 Nomor 3.
Robbins, S. P. 2006. Teori Organisasi : Struktur Desain dan Aplikasi. Ahli Bahasa: Yusuf Udaya. Jakarta : Arcan.
Robbins, S. P. and Mary Coulter. 2007. Management, Ninth Edition. International Edition. New Jersey : Pearson Education. Inc.
Soeprihanto, John. 2000. Penelitian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.
Sutrisno Edy. 2010. Budaya Organisasi. Kencana Prenada Media Group.
Alder, H. 2001. Boost Your Intelligence, terjemahan Kristina Prianingsih. Jakarta: Erlangga,.
Anwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rieka Cipta.
Bloom, B.S. 1981. Taxonomy of Educational Objective. Handbook I. New York: Xongman Inc.
Kerlinger, F. N. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. AL-Ta Lim, 20(3), 459. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (5th ed.). Indeks.
Supriyadi et. al. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Sidang Skripsi Secara Daring Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin. Vol 5, No. 1, Maret 2021. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i1.528
Supriyadi. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas terhadap Hasil Belajar Videografi, Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i1.457
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.