KOMUNIKASI SOSIAL ANAK USIA DINI PENGGUNA DUA BAHASA (Studi Fenomenologi terhadap Anak Usia Dini Pengguna Dua Bahasa)

Authors

  • akhmad sukhi ramdani Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i2.99

Keywords:

komunikasi, pemerolehan bahasa, pengguna dua bahasa.

Abstract

Komunikasi merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai mahluk sosial. Namun, dalam pelaksanaannya, seseorang harus terlebih dahulu memperoleh dan mempelajari bahasa yang digunakan pada lingkungannya untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Akan tetapi, bagaimana seorang anak yang memperoleh dua bahasa sejak usia dini ketika ia berkomunikasi dengan teman sejawatnya yang hanya menggunakan satu bahasa saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi; penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019 yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Kecamatan Tambun Selatan, Kelurahan Jatimulya. Subjek pada penelitian ini adalah Rhea Khairusifa yang berumur 5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat pemahaman dan penguasaan dalam menggunakan bahasa Indonesia bagi anak pengguna dua bahasa tidak sebaik anak yang hanya menggunakan satu bahasa saja.

Author Biography

akhmad sukhi ramdani, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Bahasa dan Pendidikan

References

Syahid, Ahmad Habibi. (2015). Bahasa arab sebagai bahasa kedua (kajian teoretis pemerolehan bahasa arab pada siswa non-native) Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban [Online], Volume 2 no.1 (diakses pada tanggal 29 Agustus 2019).

Indah, Rohmani Nur. (2008). Proses pemerolehan bahasa: dari kemampuan hingga kekurangmampuan berbahasa Vol 3, No 1 .http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php /humbud/index. (diakses pada tanggal 29 Agustus 2019)

Chaer, Abdul. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chomsky, Noam. (1957). Syntactic Structures. The Hague: Mouton.

Hasbiansyah. (2008). Pendekatan fenomenologi: pengantar praktik penelitian dalam ilmu social. Journal Mediator vol.9 no.1 p.163-180

Downloads

Published

2019-12-06

How to Cite

ramdani, akhmad sukhi. (2019). KOMUNIKASI SOSIAL ANAK USIA DINI PENGGUNA DUA BAHASA (Studi Fenomenologi terhadap Anak Usia Dini Pengguna Dua Bahasa). Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 3(2), 18–22. https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i2.99

Issue

Section

Articles

Citation Check