KOMUNIKASI SOSIAL ANAK USIA DINI PENGGUNA DUA BAHASA (Studi Fenomenologi terhadap Anak Usia Dini Pengguna Dua Bahasa)
DOI:
https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i2.99Keywords:
komunikasi, pemerolehan bahasa, pengguna dua bahasa.Abstract
Komunikasi merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai mahluk sosial. Namun, dalam pelaksanaannya, seseorang harus terlebih dahulu memperoleh dan mempelajari bahasa yang digunakan pada lingkungannya untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Akan tetapi, bagaimana seorang anak yang memperoleh dua bahasa sejak usia dini ketika ia berkomunikasi dengan teman sejawatnya yang hanya menggunakan satu bahasa saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi; penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019 yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Kecamatan Tambun Selatan, Kelurahan Jatimulya. Subjek pada penelitian ini adalah Rhea Khairusifa yang berumur 5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat pemahaman dan penguasaan dalam menggunakan bahasa Indonesia bagi anak pengguna dua bahasa tidak sebaik anak yang hanya menggunakan satu bahasa saja.
References
Syahid, Ahmad Habibi. (2015). Bahasa arab sebagai bahasa kedua (kajian teoretis pemerolehan bahasa arab pada siswa non-native) Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban [Online], Volume 2 no.1 (diakses pada tanggal 29 Agustus 2019).
Indah, Rohmani Nur. (2008). Proses pemerolehan bahasa: dari kemampuan hingga kekurangmampuan berbahasa Vol 3, No 1 .http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php /humbud/index. (diakses pada tanggal 29 Agustus 2019)
Chaer, Abdul. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chomsky, Noam. (1957). Syntactic Structures. The Hague: Mouton.
Hasbiansyah. (2008). Pendekatan fenomenologi: pengantar praktik penelitian dalam ilmu social. Journal Mediator vol.9 no.1 p.163-180
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.