Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i2.94Keywords:
Manajemen, Sarana, Prasarana, Penyelenggaraan PendidikanAbstract
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang manajemen sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta. Penelitian ini mengambil lokus di LPKA Kelas II Jakarta. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang bertujuan untuk menggali informasi-informasi terkait dengan kondisi, permasalahan dan kejadian dari penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat menghasilkan gambaran bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan di LPKA Kelas II Jakarta. Dukungan data diperoleh melalui 6 (enam) sumber data yaitu dokumen arsip, rekaman arsip, wawancara, pengamatan langsung, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan didasarkan pada analisis kebutuhan. (2) pengadaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan bersumber pada dana pemerintah, sumbangan masyarakat, kerjasama dengan sudin setempat dengan memperhatikan kualitas dan fungsi. (3) pemeliharaan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan dilakukan oleh petugas piket harian, pendidik dan anak didik (narapidana anak).
References
Anak, T. S. D. P. dan P. (2017). Standar Pelayanan Anak di Lembaga Penempatan Anak Sementara (LPAS) (Pertama). Jakarta: Direktorat Bimbingan Pengentasan dan Pengentasan Anak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.
Barnawi, Najihah, A., & M, A. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Harimurti, E. R. (2019). Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Buah Hati, 6(2), 78. Retrieved from https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=87
Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Rugaiyah. (2010). Profesi Kependidikan Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Setyaningsih, S. (2018). Pengelolaan Sarana Prasarana Dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar (sebuah studi kasus di Universitas Negeri Semarang). Manajemen Pendidikan, 13(1), 62–71.
Winardi. (2000). Asas-asas Manajemen. CV. Mandar Maju.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.