Pengaruh Konsep Diri Dan Sikap Belajar Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa SMP Swasta

Authors

  • Noerlina Angraeni Universitas MH Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i1.86

Keywords:

Konsep Diri, Sikap Belajar Siswa, Kemampuan Berbahasa Inggris.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh konsep diri dan sikap belajar siswa secara bersama-sama terhadap kemapuan berbahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel yang diambil sebanyak 65 siswa dengan teknik acak sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta di Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Pengumpulan data dilakukan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistic deskriptif seperti mencari mean, median, standar deviasi dan statistik inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjtkan dengan uji signifikasi koefisien korelasi dengan uji t. penelitian dini dilakukan pada bulan Januari. Hasil penelitian menunjukan : 1) Ada pengaruh positif konsep diri dan sikap belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris dengan skor koefisien korelasi sederhana r = 0,767 yang signifikan dan skor koefisien determinasi r2 = 0,589 yang berarti bawha konstribusi konsep diri dan sikap belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris sebesar 58,9%. 2) Adanya pengaruh posotif konsep diri dan sikap belajar siswa terhadap kekampuan berbahasa Inggris dengan skor koefisien korelasi sederhana r = 0,677 yang siginfikan dengan t hitung (1,751) > t tabel (1,671) pada α = 5% (0,05), dan skor koefisien korelasi = 0,589, yang berarti bahwa kontribusi konsep diri terhadap kemampuan berbahasa Inggris sedang. 3) Terhadap pengaruh sikap belajar siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris dengan hitung < ttabel atau (2,731>1,671) pada α = 5% (0,05). Hasil penelitian ini, terbukti bahwa konsep diri dan sikap belajar siswa sangat berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalan berbahasa Inggris.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Mixed. Methods). Bandung : Alfabeta

Putri, N. K. N., Danial, M., & Arsyad, N. (2018). Pengaruh sikap, konsep diri, dan kesadaran metakognitif terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MIA SMAN di kecamatan Ujung bulu kabupaten Bulukumba. Chemistry Education Review (CER), (1), 73-89.

Rosa, N. M. (2015). Pengaruh sikap pada mata pelajaran kimia dan konsep diri terhadap prestasi belajar kimia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.

ASTAWA, I. M. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap sikap ilmiah dan konsep diri siswa smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1).

Downloads

Published

2019-09-17

How to Cite

Angraeni, N. (2019). Pengaruh Konsep Diri Dan Sikap Belajar Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa SMP Swasta. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 3(1), 50–55. https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i1.86

Issue

Section

Articles

Citation Check