Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Wanto Wijaya Kusuma S1 Pend Ekonomi universitas panca sakti, Indonesia
  • Hafifi Hafifi Universitas Panca Sakti

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.667

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting dalam dalam meningkatkan kualitas hidup sehinga diperlukan prestasi dan motivasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar melalui pembelajaran Project Based Learning (BPL) pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Rakyat Babelan Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi peneliti, guru dan melibatkan keaktifan siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas X SMA Rakyat Babelan Bekasi Tahun yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi mengalami peningkatan sebanyak 22% melalui pembelajaran Project
Based Learning (BPL). Peningkatan juga dialami motivasi belajar siswa sebesar 24% melalui pembelajaran Project Based Learning (BPL).

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Motivasi Belajar dan Problem Based Learning (BPL)

References

Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Prof. Dr. Sugiyono. (2016). Metode peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Syafaruddin, S,pd., M.Ed, Supiono, S.Pd., M. Pd, Burhanuddin, S.Pd., M. Pd. (2019). Guru

Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogakarta: CV Budi Utama.

Miftakhul Huda, M.pd, Model-model pengajaran dan pembelajaran (cet:II PUSTAKA

PELAJAR, Bandung) hal 272.

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, model pembelajaran berbasis masalah, (Badan

pengembangan sumber daya manusia pendidikan dan kebudayaan dan penjaminan mutu

pendidikan).

http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/29/keterampilan-sdm-indonesia-

menduduki-peringkat-4-di-asia-tenggara.

A. Malik Fadjar, Madrasah dan tantangan moderanitas (Bandung: Mizan,1998) hlm 37.

Sagala, Syaiful. (2010). Manajemen stratejik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

Baskerville.L.R.(1999) Journal:Investigating Information System With Action Reseacrh.

Association fot information System:Atlanta.

Shoimin, Aris. 2014 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-

ruzz Media.

Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin

Vol 5, No. 1, Maret 2021

p-ISSN: 2549-3310 e:ISSN: 2623-2901

Suyanti, Dwi Retno. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia, Yogyakarta: Graha Ilmu

Ibrahim, M, dan Nur, M. (2000) Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Surabaya: Universitas

Negeri Surabaya.

Ismail. 2002. Pembelajaran Berbasis Masalah (problem based instruction): apa, bagaimana,

dan contoh pada sub pokok bahasan statistika. Surabaya.

Kamdi, W dkk 2007. Model-model pembelajaran inovatif, Universitas Negeri Malang. malang

Downloads

Published

2022-01-24

How to Cite

Kusuma, W. W., & Hafifi, H. (2022). Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pelajaran Ekonomi. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), 19–27. https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i2.667

Citation Check