Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Pada Kelas III Materi Lambang Negara "Garuda Pancasila" SDS Perguruan Rakyat 2 Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Christina Aryani Universitas MH Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i1.2131

Abstract

Abstrak

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah Lambang Negara “Garuda Pancasila†pada mata pelajaran PKn masih banyak di bawah KKM > 70. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik seperti, tanya jawab dan resitasi saat menerangkan pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas III SDS Perguruan Rakyat 2. Oleh sebab itu, peneliti berupaya untuk peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDS Perguruan Rakat 2 dengan subjek penelitian siswa kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil pra siklus, hasil siklus 1 dan siklus 2.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division, PKn, Lambang Negara, Garuda Pancasila, Sekolah Dasar

 

Abstract

 

The ability of students to solve the problem of the State Emblem "Garuda Pancasila" in Civics subjects is still below the KKM 70. This is because teachers still use less interesting learning models such as question and answer and recitation when explaining Civics lessons. The purpose of this study was to improve student learning outcomes through the STAD (Student Teams Achievement Division) type of cooperative learning model in class III students of SDS Perguruan Rakyat 2. Therefore, researchers sought to improve student learning outcomes through the STAD (Student Teams) type of cooperative learning model. achievement division). This research method is classroom action research, which consists of two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. This research was conducted at SDS Perguruan Rakyat 2 with third grade students as research subjects. Data collection techniques used through observation, interviews, documentation, and tests. The instruments used were test questions, observation sheets of student and teacher activities. Data analysis was carried out using comparative descriptive analysis by comparing the results of the pre-cycle, the results of cycle 1 and cycle 2.

 

 

Keywords: Learning Outcomes, Student Teams Achievement Division, Civics, State Emblem, Garuda Pancasila, Elementary School

Author Biography

Christina Aryani, Universitas MH Thamrin

Pendidikan

References

Haryanto. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Two Stay Two Stray. Penerbit P4I.

Hasrian Rudi Setiawan, A. B. (2023). Monograf: Metode Role Play. Medan : Umsu Press.

Ina Magdalena, A. S. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains, 1-13.

Konvergensi. (2021). Jurnal Pendidikan Konvergensi. Jurnal Konvergensi.

Kustantina. (2023). Model Pembelajaran JIGSAW & STAD Terhadap Pencapaian Karakter dan Kemampuan Numerasi Siswa. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Lubis, M. A., Hamidan, & Azizan, N. (2022). Model-model Pembelajaran PPKn di SD/MI. Bantul: Samudra Biru.

Lutfi. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila. Jakarta: CV. Wahana Karya Jaya.

Masrukhin, S. M. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif . Media Ilmu Press.

Maulana Arafat Lubis, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN) DI SD/MI. Jakarta: Kencana.

Mirdanda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Pontianak: Yudha English Gallery.

Niken Septantiningtyas, A. D. (2020). PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Klaten: Lakeisha.

Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Pelajaran Passing Dalam Permainan Bola Voli. Malang: Ahlimedia Book.

Prof. Dr. Hamid Darmadi, M. (2020). Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila dan Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan. Jakarta: An 1 mage.

Rahmi, M. K. (2022). Evaluasi Pendidikan Persfektif Islam. Sleman: Deepublish.

Ramli, M. (2012). Media dan Teknolgi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. Bantul: Mine.

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Sleman : Deepublish.

Suryadin Hasyda, S. M., Uslan, S. M., Julhidayat Muhsam, S. M., Abdul Syahril Muh. S.Pd., M., Ummu Aiman, S. M., & Kristoforus Dowa Bili, S. M. (2022). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, 105.

Tubel Agusven, S. M. (2023). Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Batam: CV.Rey Media Grafika.

Warso, A. W. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan dilengkapi Contohnya. Sleman: Deepublish.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams. Jurnal Papeda: Vol 4, No 1, Januari 2022, 7.

Zulqarnain, M. S.-F. (2022). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Aryani, C. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Pada Kelas III Materi Lambang Negara "Garuda Pancasila" SDS Perguruan Rakyat 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 7(1), 69–77. https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i1.2131

Citation Check