Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Jombang 2 Ciputat

Sathi Pertiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SDn Jombang 2 Ciputat kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data observasi , data tentang efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. data diperoleh kuantitatif adalah data tentang motivasi belajara siswa pada pembelajaran Pkn tentang mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang meningkat, hal ini dilaksanakan dengan melalui tahapan – tahapan yaitu mengorientasi siswa kepada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, penyelidikan baik secara individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Pada tahapan penyelidikan individu, dapat melatih siswa untuk mandiri dan bertanggung jawab pada suatu masalah dengan peranan guru yang selalu membimbing dan mengarahkan proses penyelidikan dengan baik, sementara itu keaktifan siswa semakin meningkat, siswa benar – benar melakukan pembelajaran secara langsung. Peningkatan ini hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Pkn kelas IV pada siklus II meningkat cukup signifikan dibandingkan pada siklus I , dimana bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I mencapai 75% atau sekitar 15 orang dan yang belum tuntas belajar 25 % atau sekitar 5 orang. Sedangkan pada siklus II mencapai 85% atau sekitar 17 orang dan yang belum tuntas belajar 15 % atau 3 orang. Ini membuktikan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II


Full Text:

PDF

References


Aryani, Ine Kusuma dan Markum Susatim. 2003 Pendidikan kewarganegaraan (Pkn) berbasis Nilai (Jakarta : Depdiknas)

Fatoni. Langkah – langkah dalam model pembelajaran inovatif (online) (http:fatoniPGSD.wordpress.com). diakses tanggal 7 may 2011

Gagne, Robert M and Driscol, Marcy Perkins. 1989. Essentials of Learning for Intruction. (New Jersey:Prentice-hall.inc)

Ibrahim, M, et al. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Lie, Anita,. 2002. Cooperative learning. Mempraktikkan cooperative learning di ruang – ruang kelas. (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia)

Kemmis dan Taggart, 1998, The Action Research Planner, 3rd ed. (Victoria : Deaklin University).

Mudjiman, Haris,. 2006. Belajar Mandiri= Self Motivated Learning). (solo:LPP dan UNS Press)

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. (Malang: Universitas Negeri Malang.)

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Jakarta: Rajawali Pers).

Sabri, Alisuf. 1993 Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya).

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning, Theory, Research, and Practice. (Needham Heights, Massachusetts:Allyn and Bacon.)

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative learning : Teori, Riset dan Praktek. (Bandung : Nusa Media)

Surakhmad, Winarno. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar.,metode teknik.(Bandung:Tarsito,)

Sukarman, Herry. 2003. Dasar – dasar didaktik dan penerapannya dalam pembelajaran (Jakarta: Direktorat

Tenaga KEpendidikan)

Tisnawati, Dewi. “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD dalam

Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Model Palu”. (Jurnal Derap Pendidikan Vol. 2, No. 3, 2008).




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v1i1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin



Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats