Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dosen IAIN Kendari Sulawesi Tenggara

Ardin Ardin, Farih Lidinillah, Uza Sukmana

Abstract


Perguruan tinggi sejatinya adalah pencetak insan intelektual cerdas. Seluruh penyelenggara Negara di Negeri dari level rendah sampai tinggi maupun tingkat daerah sampai pusat dilahirkan dari perguruan tinggi senusantara. Faktanya kualitas sumberdaya perguruan tinggi Indonesia masih jauh tertinggal dibawah level perguruan tinggi lain dunia maupun kawasan ASEAN sendiri. Sesuai  data yang dipublish oleh QS Word, Times High Education (THE), dan Academic of Ranking World Universities (ARWU). Penyebab rendahnya kualitas perguruan tinggi indonesia adalah kurangnya kerjasama terkait hasil riset perguruan tinggi dengan pihak perusahan atau industri. Dalam renstra Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2015-2019, pada tabel capaian kinerja Dikti disebutkan bahwa pada 2014, perguruan tinggi yang masuk top 500 dunia ditargetkan sejumlah 11 perguruan tinggi, realisasinya hanya dua perguruan tinggi. Kasus penonaktifan sebanyak 243 perguruan tinggi yang dilakukan Dikti selama 2015 ini menjadi bukti dan koreksi atas rendahnya kualitas pengelolaan perguruan tinggi Indonesia. Perguruan tinggi Islam Indonesia juga tidak kalah saing dengan perguruan tinggi Negeri lainnya. Saat ini seluruh perguruan tinggi Islam Negeri di Indonesia berjumlah 53 yang terdiri dari 11 UIN, 23 IAIN, dan 19 STAIN yang tersebar diseluruh wilayah nusantara. IAIN Kendari merupakan salah satu perguruan tinggi yang senantiasa berbenah dalam meningkatkan sumberdaya manusianya. Selama ini peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi selalu dikaitkan dengan kinerja dosen yang kurang maksimal tanpa memikirkan sisi lain dari dosen yaitu kepuasan kerja dosen. Kesimpulan Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja, pengaruh langsung positif lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap lingkungan kerja

Keywords


Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Ivancevich, Konopaske, dan Metteson, Organizational Behavior andManegement (USA: McGraw-Hill International, eight edition, 2008).

John W. Newstrom, Organizational Behavior Human Behavior at Work, Fourteenth Edition (New Work: McGraw-Hill, 2015).

Kreitner Robert dan Knicki Angelo. Organizational Behavior (USA: McGraw-Hill International, eight edition, 2008).

Kreitner, R. and Angelo Kinicki. Organizational Behavior Seventh Edition, (McGraw Hill, 2013).

Luis R. Gomez-Meija, David B. Balkin, Robert L. Cardy, Management: People Performance Change 3rd Ed (New York: McGraw-Hill, 2008).

Mullins, J. Laurie. Management and Organisational Behavior 7th Ed(London: Prentice Hall, 2008).

Newstrom, W. John. Organizational Behavior Human Behavior at Work, Fourteenth Edition (New Work: McGraw-Hill, 2015).

Stephen P. Robbins, Mary Coulter, Management 11th Ed (England: Pearson Education,2012).

Steven L. McShane, Mary Von Glinow, Organizational Behavior 4th Ed (New York: McGraw Hill, 2008).




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i1.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ardi, Lidinillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats