Perancangan Prototype Tensimeter Ankle brachial index Berbasis Arduino dengan Tampilan Processing

Sulaiman Metere, Rani Wulandari, Gunawan Gunawan

Abstract


Latar belakang: Pemeriksaan ABI bertujuan menilai fungsi sirkulasi pada arteri kaki. Cara pengukuran Ankle brachial index adalah dengan membandingkan rasio tekanan darah sistolik pada pergelangan kaki dengan lengan. Tujuan: Merancang dan membuat prototype tensimeter ABPI (angkle brachial pressure index) dengan sistem perhitungan otomatis. Metode: Perencanaan pembuatan alat dengan membuat blok diagram untuk mempermudah pembuatan simulasi alat ABPI (angkle brachial pressure index), flowchart untuk menggambarkan, menyederhanakan rangkaian proses atau prosedur sehingga mudah dipahami dan mudah dilihat berdasarkan urutan langkah dari suatu proses simulasi alat ABPI (angkle brachial pressure index), dan casing atau housing, yaitu untuk membuat desain chasing untuk simulasi alat ini, yang sudah masuk pada proses pembuatan simulasi alat ABPI (angkle brachial pressure index) yang dimulai dari pembuatan PCB, Pemograman untuk microcrontroller, dan pembuat chasing alat yang sudah didesain pada metode sebelumnya. Selanjutnya dilakukan pengujian dan analisa hasil dari pengujian alat tersebut dengan alat ABPI (angkle brachial pressure index) yang tersedia. Hasil: Alat dapat berfungsi dengan hasilperbandingan dengan alat tensimeter digital yang sudah terkalibrasi, untuk nilai %error pembacaan nilai ABPI sebesar 4.5%. Modul yang telah dibuat memiliki tingkat keakurasian sebesar 95.5%


Full Text:

PDF

References


Rahmaningsih, Baiq Yuni. 2016. Hubungan Antara Nilai Ankle Brachial Index dengan Kejadian Diabetic Foot Ulcer Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yasmina, H. 2016. Perancangan dan pembuatan alat pengukur tekanan darah otomatis untuk mendukung humanhealth monitoring dengan sensor tekanan MPX2100GP berbasis personal computer. Skripsi. Program Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Lambung Mangkurat: Banjarbaru (tidak dipublikasikan).

Aboyans, V., Criqui, MH., Abraha, P., Allison, MA., Creager, MA., Diehm, C., Fowkes, FGR et al, 2012. Measurement and Interpretaton of the Ankle–Brachial Index. American Heart Association. 126: 2890-2909.

Prompers L, Schaper N, Apelqvist J, et al., 2008. Prediction of outcome in individuals with diabetic foot ulcers: focus on the differences between individuals with and without peripheral arterial disease. The EURODIALE Study. Diabetologia. 51(5): 747-55.

Bilous, Rudy and Donelly, Richard., 2014. Masalah Kaki Pada Diabetes, In: Buku Pegangan Diabetes. 4th ed. Jakarta: Bumi Medika pp. 177-184.

Boulton AJ, Armstrong DG, Albert SF, et al. 2008. Comprehensive Foot Examination and Risk Assessment. Diabetes Care. 31: 1679-85.

Potier L, Abi Khalil C, Mohammedi K, et al. 2011. Use and Utility of Ankle Brachial Index in Patients with Diabetes. Eur J Vasc Endovasc Surg. 41(1):110-16.

Al-Qaisi, M., Nott, DM., King, DH., Kaddoura, S., 2009. Ankle Brachial Preasure Index (ABPI): An Update for Practioness. VHRM. 5: 833-41.

Pearce, Evelyn C. 2012. Anatomi dan fisiologi untuk paramedis . PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta: Anggota IKAPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sulaiman Metere, Rani Wulandari, Gunawan Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats