Learning Management System (LMS) pada SMK 1 Barunawati Jakarta

Authors

  • Ramadhani Sugiarto Universitas Pamulang, Indonesia
  • Ahmad Musyafa Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v10i2.2422

Abstract

Dalam era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam sektor pendidikan, termasuk di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu inovasi yang menjadi sorotan adalah penggunaan Learning Management System (LMS) yang mampu mendukung proses pembelajaran secara daring. Di SMK 1 Barunawati Jakarta, penerapan LMS diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa. Namun, masih terdapat berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Learning Management System (LMS) di SMK 1 Barunawati, Jakarta Barat, sebagai solusi terhadap masalah keterbatasan sistem pembelajaran tradisional yang masih manual dan kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan observasi terhadap guru dan siswa untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang efektivitas LMS dalam meningkatkan proses belajar mengajar. Temuan menunjukkan bahwa penerapan LMS berhasil meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran, mempermudah pemantauan kemajuan siswa, serta memperkuat kolaborasi antara guru dan orang tua. Siswa merasa lebih terlibat dalam pembelajaran, sementara guru dapat memberikan umpan balik secara real-time. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa LMS tidak hanya mengatasi kekurangan dalam sistem pembelajaran tradisional, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di SMK 1 Barunawati. Penelitian ini memberikan gambaran yang jelas tentang potensi LMS dalam mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, serta mendorong pengembangan sistem pembelajaran berbasis teknologi di sekolah-sekolah lain.

Downloads

Published

2024-12-07

Citation Check