E-Commerce Berbasis Website pada UMKM Menggunakan Framework Codeigniter 4 (Studi Kasus: Toko Wakuteka)

Authors

  • Yahdi Kusnadi Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Dwiki Wijaya Putra Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v10i1.2101

Abstract

Penelitian ini merancang sebuah sistem e-commerce berbasis website menggunakan framework CodeIgniter 4 untuk toko Wakuteka. Dalam perancangan ini, dilakukan analisis kebutuhan, perancangan basis data, implementasi, dan pengujian sistem. Melalui studi terhadap kebutuhan toko Wakuteka, struktur data dan fitur-fitur yang diperlukan ditentukan. Adapun tujuan dari dibuatnya penelitian ini adalah untuk mempermudah UMKM dalam memasarkan produknya dan menjadi contoh bagi UMKM yang lain untuk mengikuti jejak UMKM ini guna mengikuti era perkembangan jaman dalam bentuk pemasaran digital yang dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan dari SDLC (Sytem Development Life Cycle) dengan struktur pola model Waterfall menggunakan framework codeigniter 4. Dalam pemnelitian ini juga menggunakan desain basis data yang efisien dan keamanan data yang diperhatikan juga menjadi fokus dalam pengembangan sistem hasil penelitian ini. Hasilnya adalah sebuah sistem e-commerce yang responsif, user-friendly, dan aman, yang memungkinkan pelanggan melakukan pembelian produk secara online dengan mudah dan menyenangkan dengan pola tampilan yang sederhana dan membuat senang bagi user saat mengkasesnya. Diharapkan sistem online berbasis web yang dirancang in dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan toko online terutama para penggiat UMKM agar senantiasa membuka wawasan keilmuan terhadap perkembangan teknologi informasi dimasa sekarang dan masa mendatang serta dapat meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan seacar online dengan efisiensi yang lebih baik.

Author Biography

Yahdi Kusnadi, Universitas Bina Sarana Informatika

References

E. Waliyati, D. S. Lestariana, and N. Sutarni, “Pentingnya E-commerce bagi UMKM pada Masa Pandemi di RT.03 Kampung Surodadi, Siswodipuran, Boyolali,†J. ABDIKMAS UKK, vol. 1, no. 2, pp. 115–121, 2021.

I. M. A. Anugrah and I. B. T. Prianthara, “Pengaruh bisnis e-commerce dan sistem informasi akuntansi berbasis teknologi terhadap kebutuhan jasa audit e-commerce,†J. Ilm. Akunt. dan …, vol. 3, no. 2, pp. 197–208, 2018.

“Rekayasa Perangkat Lunak - Achmad Jauhari; Devie Rosa Anamisa; Fifin Ayu Mufarroha - Google Buku.†[Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=7LqeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=evolusi+perangkat+lunak&ots=MYyGwxogze&sig=w4C01tg4eLUq2FWutl44ZSmi16c&redir_esc=y#v=onepage&q=evolusi perangkat lunak&f=true.

M. Tabrani and I. Rezqy Aghniya, “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang,†J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 1, pp. 44–53, 2020.

Y. Findawati, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. 2018.

A. A. Nababan and M. Jannah, “Algoritma String Matching Brute Force Dan Knuth-Morris-Pratt Sebagai Search Engine Berbasis Web Pada Kamus Istilah Jaringan Komputer,†J. Mantik Penusa, vol. 3, no. Desember, pp. 87–94, 2019.

Downloads

Published

2024-03-30

Citation Check