Analisis Usability pada Aplikasi Universitas123 Portal Universitas dan Beasiswa Menggunakan Metode Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough

Authors

  • Eric Setiyo Bekti UNIVERSITAS NUSA MANDIRI, Indonesia
  • Sita Anggraeni
  • Ipin Sugiyarto UNIVERSITAS NUSA MANDIRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1838

Abstract

Universitas123 adalah start up pendidikan digital. Portal yang dapat diakses melalui aplikasi Universitas123 ini menyediakan database lengkap tentang perguruan tinggi dan beasiswa, baik lokal maupun luar. Tujuan utama Universitas123 adalah untuk membantu mahasiswa mengidentifikasi perguruan tinggi yang sesuai dan mendapatkan beasiswa berdasarkan kebutuhan. Namun, berdasarkan komentar dari pengguna tertentu, pengguna terus mengalami masalah dengan aplikasi tersebut. Sehingga perlu adanya evaluasi terhadap aplikasi Universitas123. Penilaian kegunaan (usability evaluation) adalah salah satu metode yang sangat signifikan dalam mengevaluasi sistem informasi. Evaluasi usabilitas yakni penilaian terhadap tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dalam program. Prosedur evaluasi dapat menemukan cacat aplikasi dan masalah usability dengan menggunakan pendekatan Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough. Heuristic Evaluation  secara umum merupakan pengujian dengan cara melibatkan ahli atau profesional dalam proses pengerjaannya dan proses pengevaluasian interface. Pada metode Cognitive walkthrough, untuk setiap tindakan pengguna, evaluator menganalisis apa yang ingin dilakukan oleh pengguna, apakah antarmuka mendukung langkah selanjutnya dari pengguna untuk menyelesaikan tugas. Dengan memberikan kuesioner kepada pengguna aplikasi Universitas123 dan memberikan skenario tugas kepada partisipan. Setelah melakukan uji heuristic evaluation dan cognitive walkthrough dihasilkan rekomendasi pebaikan. Evaluasi aplikasi Universitas123 menunjukkan perlu perbaikan pada Aesthetic and Minimalist Design (77%), saran termasuk menyederhanakan tampilan dan meningkatkan navigasi. Aspek Help and Documentation berhasil (89%). Hasil cognitive walkthrough menunjukkan keberhasilan pengguna 100% dengan tingkat usabilitas 85% (kategori “Sangat Tinggiâ€). Rekomendasi termasuk memperbaiki tampilan dan navigasi. Ini akan memudahkan pengguna mendapatkan informasi penting di halaman utama.

 

Author Biographies

Eric Setiyo Bekti, UNIVERSITAS NUSA MANDIRI

       

Sita Anggraeni

    

References

Angelova, N. (2019). Mobile Applications For Business. Trakia Journal of Sciences, 17(Suppl.1), 853–859. https://doi.org/10.15547/tjs.2019.s.01.140

Arifin, I. N., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool (Vol. 3, Issue 2). http://j-ptiik.ub.ac.id

Bauer-Negrini, G., Cordenonsi da Fonseca, G., Gottfried, C., & Herbert, J. (2022). Usability evaluation of circRNA identification tools: Development of a heuristic-based framework and analysis. Computers in Biology and Medicine, 147, 105785. https://doi.org/10.1016/J.COMPBIOMED.2022.105785

Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. (2019). System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: A Review. Jurnal SIMETRIS, 10(1).

Estela Aparecida Oliveira Vieira, Aleph Campos da Silveira, & Ronei Ximenes Martins. (2019). Heuristic Evaluation on Usability of Educational Games: A Systematic Review. Informatics in Education - An International Journal, 2, 427–442.

Gusti, I., Agung, A., Indrayani, D., Putu, I., Bayupati, A., Made, I., & Putra, S. (2020). Analisis Usability Aplikasi iBadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method. JURNAL ILMIAH MERPATI, 8.

Haris, A., Nasir, K., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, 3, 365–373.

ISO 9241-11. (2018). Ergonomics of human-system interaction Part 11: Usability: Definitions and concepts.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7.

Muhammad, F., & Persada, A. G. (2022). Pengujian Usabilitas Pada Website PKM Corner UII Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation.

Pandusarani, G., Hendra Brata, A., & Jonemaro, E. M. A. (2018). Analisis User Experience Pada Game CS:GO dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation (Vol. 2, Issue 3). http://j-ptiik.ub.ac.id

Prasetyaningtias, T., Muslimah Az-Zahra, H., & Hendra Brata, A. (2018). Analisis Usability Pada Aplikasi Mobile E-Government Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Dengan Heuristic Evaluation (Vol. 2, Issue 11). http://j-ptiik.ub.ac.id

Rangraz Jeddi, F., Nabovati, E., Bigham, R., & Khajouei, R. (2020). Usability evaluation of a comprehensive national health information system: relationship of quality components to users’ characteristics. International Journal of Medical Informatics, 133, 104026. https://doi.org/10.1016/J.IJMEDINF.2019.104026

Sari, Y., Arafah, M., & Novitasari. (2021). Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik Dosen Menggunakan User Experience Questionnaire dan Heuristic Walkthrough. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(2), 247–253. https://doi.org/10.29207/resti.v5i2.3022

Sudiarsa, W., & Wiraditya, G. B. (2020). Heuristic Evaluation Usability Analisys On Information And Tracking Covid-19 Application Peduli Lindungi Using Heuristic Evaluation. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 3(2).

Downloads

Published

2023-09-30

Citation Check