Pengembangan Website Interaktif untuk Meningkatkan Pengalaman Virtual di Metaverse Betang Tumbang Gagu
DOI:
https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1781Abstract
Rumah Adat Betang Tumbang Gagu adalah bagian berharga dari budaya Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah. Rumah Adat ini telah kehilangan daya tarik dan pemahaman dalam masyarakat modern. Namun, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membuka peluang baru untuk memperkaya pemahaman dan melestarikan warisan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform Metaverse, situs web interaktif serta asisten virtual guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Rumah Adat Tumbang Gagu. Platform Metaverse mereplikasi lingkungan Rumah Adat Tumbang Gagu secara virtual, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi lingkungan dan berpartisipasi dalam aktivitas tradisional. Situs web interaktif memberikan informasi mendalam tentang sejarah, filosofis dan budaya Rumah Adat Tumbang Gagu dengan foto dan video interaktif. Sebuah asisten virtual AI bernama Bawi Tumbang Gagu menjawab pertanyaan pengunjung sedangkan kacamata VR digunakan untuk memberikan pengalaman yang mendalam dalam Metaverse. Pengembangan Metaverse dan website melibatkan penggunaan perangkat lunak seperti SketchUp, Photoshop, Figma dan Canva. Hasil penelitian ini  adalah pemanfaatan platform Metaverse dan website interaktif yang merupakan penggabungan teknologi modern dan budaya tradisional untuk melestarikan warisan budaya. Penggunaan kacamata VR Pico 4 dan asisten virtual Bawi Tumbang Gagu telah meningkatkan pengalaman pengunjung dalam menjelajahi warisan budaya ini. Platform ini telah menjadi alat efektif dalam mempromosikan, melestarikan, dan memahami lebih dalam tentang Rumah Adat Tumbang Gagu.
.
References
Akbar Endarto, I. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik, 4(1), 37–51. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Amalina, S., Wahid, F., Satriadi, V., Farhani, F. S., & Setiani, N. (2017). Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).
Anderson, J, & Rainie, L (2022). The metaverse in 2040. Pew Research Centre, pewresearch.org, https://www.pewresearch.org/internet/wp-content/uploads/sites/9/ 2022/06/PI_2022.06.30_Metaverse-Predictions_FINAL.pdf
Apandie, C., & Ar, D. (2019). Huma Betang: Identitas Moral Kultural Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah (Vol. 3, Issue 2).
Dwivedi, YK, Hughes, L, Baabdullah, AM, & ... (2022). Metaverse beyond the hype: Multidisciplinary perspectives on emerging challenges, opportunities, and agenda for research, practice and policy. International Journal of …, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0268401222000767
Junita Arneld. (2021). Betang Tumbang Gagu.
Lee, LH, Braud, T, Zhou, P, Wang, L, Xu, D, Lin, Z, & ... (2021). All one needs to know about metaverse: A complete survey on technological singularity, virtual ecosystem, and research agenda. arXiv preprint arXiv …, arxiv.org, https://arxiv.org/abs/2110.05352
Minarni, Prasetyaningrum, E., & Hermawan, C. (2020). Pengembangan Wisata Alam, Sejarah dan Budaya Kalimantan Tengah Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality.
Mystakidis, S. (2022). Metaverse. Encyclopedia, 2(1), 486–497. https://doi.org/10.3390/encyclopedia2010031
Ning, H, Wang, H, Lin, Y, Wang, W, & ... (2023). A Survey on the Metaverse: The State-of-the-Art, Technologies, Applications, and Challenges. IEEE Internet of …, ieeexplore.ieee.org, https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/10130406/
Purnawan, I. K. Y., Divayana, D. G. H., & Sindu, I. G. P. (2019). Pengembangan Virtual Reality untuk Promosi Wisata Religi Pura Ponjok Batu. International Journal of Natural Sciences and Engineering, 3(1), 12–21. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJNSE
Soedewi, S., Mustikawan, A., & Swasty, W. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci. Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(2).
Sparkes, M (2021). What is a metaverse., Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0262407921014500
Website Sistem Informasi Manajemen Pariwisata Kalimantan Tengah. (2019). Rumah Betang Tumbang Gagu. https://pariwisata.kalteng.go.id/wisata/188
Yulianie, F. (2018). Komodifikasi Rumah Betang Tumbang Gagu sebagai Daya Tarik Pariwisata di Kabupaten Kota Waringin Timur, Kalimantan Tengah. Pariwisata Budaya, 3(1), 28–36.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Teknlogi Informatika dan Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.