Perancangan UI/UX Aplikasi Sistem Informasi Layanan Administrasi dalam Perspektif Psikologi Menggunakan Metode Prototype

Authors

  • Sania Febriani Universitas Bina Darma, Indonesia
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma, Indonesia
  • Megawaty Megawaty Universitas Bina Darma, Indonesia
  • Leon A. Abdillah Universitas Bina Darma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1714

Abstract

Pelayanan administrasi mahasiswa Universitas Bina Darma masih dilakukan secara konvensional. Mahasiswa menemui dosen untuk meminta dosen membubuhkan tanda tangan dokumen administrasi mereka. Meski demikian, kasus pemalsuan tanda tangan tetap terjadi di Universitas Bina Darma. Masalah ini dapat menyebabkan kerugian materi dan termasuk kategori tindak pidana. Tujuan dari penelitian ini membuat desain interface Sistem Informasi Layanan Administrasi (SILASTRI) dengan menerapkan teori psikologi warna, prinsip Gestalt dengan user experience yang baik. SILASTRI dirancang untuk mendukung layanan administrasi mahasiswa Universitas Bina Darma. Pengumpulan data melalui observasi, penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan metode prototype yang terdiri dari communication, quick plan, modelling quick design, construction of prototype dan deployment delivery & feedback. Metode prototype membuktikan kelayakan teknis dan memvalidasi kegunaan tampilan user interface dengan melakukan perkiraan dari suatu software sehingga jika terdapat kekurangan bisa segera diperbaiki. Berdasarkan hasil usability testing menggunakan Maze yang telah di uji coba oleh 70 orang responden diperoleh nilai maze usability sebesar 89 serta nilai perhitungan SUS sebesar 88 yang masuk kategori good. Oleh karena itu dapat disimpulkan rancangan UI/UX aplikasi SILASTRI dengan menerapkan perspektif psikologi memiliki interface dan user experience yang diterima dengan baik oleh pengguna. Hasil pengujian dan evaluasi ini membuktikan bahwa desain tampilan SILASTRI sudah siap dikembangkan menjadi aplikasi.

References

Abdillah, L. A., Atika, L., Kurniawan, K., & Purwaningtias, F. (2019). Prototype Software Monitoring Sarana dan Prasarana Perguruan Tinggi. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 9(1), 18. https://doi.org/10.21456/vol9iss1pp18-24

Abdillah, L. A., & Kurniasti, A. (2022). Mobile-Based COVID-19 Vaccination Registration Application Prototype. Sinkron, 7(3). https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i3.11779

Abdillah, L. A., Putri, D. K., & Artavi, A. (2023). Enterprise Digital Payment Trends Survey Post COVID-19 Situation. Scientific Journal of Informatics, 10(2), 105–112. https://doi.org/10.15294/sji.v10i2.43068

Brooke, J. (1995, Januari 11). SUS: A quick and dirty usability scale. https://www.researchgate.net/publication/228593520_SUS_A_quick_and_dirty_usability_scale

Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. (2019). System Usability Scale VS Heuristic Evaluation: A Review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), 65–74. https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2725

Julian, D., Sutabri, T., & Negara, E. S. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Forum Diskusi Mahasiswa Universitas Bina Darma Dengan Menerapkan Metode Design Thinking.

Kelsun, H., & Kristanto, D. D. (2021). Perancangan Aplikasi “Family Pass!†Sebagai Alat Bantu Dalam Pengasuhan Anak. Widyakala: Journal Of Pembangunan Jaya University, 8, 32. https://doi.org/10.36262/widyakala.v8i0.422

Lengkong, A. K. E., Arfandy, H., & Zaman, B. (2021). Rancang Bangun Tampilan UI untuk Game Smartphone Healthy Laifu Menggunakan Prinsip Gestalt. KHARISMA Tech, 16(2), 50–58. https://doi.org/10.55645/kharismatech.v16i2.113

MacNamara, W. (2017). Evaluating the Effectiveness of the Gestalt Principles of Perceptual Observation for Virtual Reality User Interface Design.

Pressman, R. S. (2005). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. https://books.google.co.id/books?id=bL7QZHtWvaUC&pg=PA23&hl=id&source=gbs_selected_pages&cad=2#v=onepage&q&f=false

Puspa, A. Y. G. (2020). Perancangan UI (User Interface) Company Profile Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Pengenalan PT. Machara Konstruksitama.

Shirvanadi, E. (2021). Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center). dspace.uii.ac.id. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156

Sutabri, T. (2012). Daur Hidup Sistem. Dalam Analisis Sistem Infomasi (Edisi Revisi). Andi Offset Yogyakarta. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Sistem_ Informasi/ro5eDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Sutabri, T., Sugiharto, T., Krisdiawan, R. A., & Azis, M. A. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Progres Proyek Properti Berbasis Website Pada PT Peruri Properti. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 8(2), 17–29. https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1204

Veni Manik, Hetty Primasari, C., Yohanes Priadi Wibisono, & Aloysius Bagas Pradipta Irianto. (2021). Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobile ACC.ONE menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Usability Testing. Jurnal Sains dan Informatika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.34128/jsi.v7i1.286

Yogananti, A. F. (2015). Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna Dalam Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(01), 45–54. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i01.956

Yuliyana, T., Arthana, I. K. R., & Agustini, K. (2019). Usability Testing Pada Aplikasi Potwis. 8.

Zulkifl, Z., Sandrayati, S., & Ariani, N. (2021). Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Sistem Pengendalian Internal Dan Komitmen Organisasi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim. JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi), 6(1), 26–38. https://doi.org/10.54077/jembatan.v6i1.55

Downloads

Published

2023-09-30

Citation Check