Perancangan Aplikasi Anjungan Pendaftaran Mandiri Pasien Rawat Jalan RSUD Pasar Rebo

Authors

  • Yudha Tri Putra Universitas Nusa Mandiri, Indonesia
  • Sita Anggaraeni Universitas Nusa Mandiri, Indonesia
  • Ipin Sugiyarto Universitas Nusa Mandiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1444

Abstract

Sistem administrasi pelayanan rawat jalan di masa pandemi Covid-19 saat ini mengharuskan pelayanan berjalan dengan efektif dan efisien untuk menghindari kerumunan pasien terutama di rumah sakit dengan jumlah poliklinik dan pasien rawat jalan yang sangat banyak. RSUD Pasar Rebo merupakan rumah sakit umum daerah tipe B milik pemerintah provinsi DKI Jakarta yang mempunyai pasien rawat jalan sekitar 800 sampai 900 pasien setiap harinya. Penerapan pelayanan rawat jalan menggunakan Anjungan Pendaftaran Mandiri mampu mengurai kerumunan dan mempersingkat waktu tunggu pasien dalam melakukan pendaftaran atau verifikasi kehadiran pasien rawat jalan yang sudah terjadwal baik pasien BPJS atau non BPJS. Metode yang digunakan adalah melakukan pengamatan dengan melihat proses pelayanan pasien rawat jalan, mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian termasuk saran-saran yang diberikan pasien pada aplikasi e-saran yang ada di RSUD Pasar Rebo terkait pelayanan rawat jalan juga melakukan wawancara dengan petugas terutama di bagian pelayanan (Front Office) juga bagian data & informasi (Datin). Dengan adanya aplikasi anjungan pendaftaran pasien (APM) pada pelayanan rawat jalan terbukti dapat mempercepat proses pendaftaran dan verifikasinya.

References

Abdulazis Ar Bajamal, D., Supriyantoro, & Anindita, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan pada Industri Jasa Rumah Sakit.

Adiffa, S. N., & Masturoh, I. (2022). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Penggunaan Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) di RSU Pakuwon Sumedang Tahun 2022 (Vol. 7). Sumedang.

Herlina, E. (2022). Penerapan Sistem Informasi Berbasis IT Pengolahan Data Rekam Medis untuk Peningkatan Pelayanan di Rumah Sakit. Pekalongan.

Sabrina, M., Ulfa, H. M., & Azlina. (2021). Gambaran Dukungan Penggunaan APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) pada Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2020. Riau.

Suryantoko, A., Agnes, I., & Faisol, A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Guna Meningkatkan Mutu Pelayanan di RUMKITAL Marinir Cilandak. Jakarta.

Downloads

Published

2023-03-30

Citation Check