Rancang Bangun Aplikasi Identifikasi Penyakit Lambung dengan Menggunakan Metode Fuzzy Mamdami
DOI:
https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1322Abstract
Di era modern ini masyarakat disajikan bermacam-macam teknologi dan juga informasi yang begitu banyak, dari berbagai aspek pendidikan, pekerjaan hingga hiburan, hampir semua sudah menggunakan teknologi dan informasi. Ketergantungan ini membuat masyarakat menjadi sibuk dengan penggunaan teknologi dan iformasi tersebut, sehingga melupakan kesehatan diri sendiri. Banyak penyakit akibat mengabaikan kesehatan diri sendiri, yang sering terjadi adalah penyakit lambung. Dikarenakan kesibukan tersebut ada beberapa masyarakat yang kurang memperhatikan penyakit lambung, dan enggan untuk memeriksakannya dikarenakan kesibukan. Dari kebutuhan inilah peneliti mencoba memberikan kemudahan untuk masyarakat yang ingin memilik informasi tentang penyakit lambung. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi penyakit lambung dengan cara mendiagnosa ciri-ciri nya. Aplikasi ini menggunakan Algoritma Fuzzy untuk mencari nilai min dan max nya. Penelitian ini menggunakan Metode Protyping untuk Metode Pengembangan Sistemnya, sedangkan jenis penelitian nya adalah jenis penelitian kualitatif. Aplikasi identifikasi penyakit lambung ini menggunakan metode Fuzzy Mamdani, mampu mendeteksi jenis penyakit dengan metode himpunan fuzzy sehingga dapat memberikan informasi pengobatan penyakit.
References
Cahyono, J. B. Suharjo B. (2021). Dokter, Mengapa Sakit Lambungku Tak Kunjung Sembuh? Kiat Mengatasi Gangguan Lambung. Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Dantes, Gede Rasben., dkk. (2019). Pengantar Basis Data. Penerbit: PT. Rajagrafindo Persada, Depok.
Harianto Kusno, Heny Pratiwi, dan Yonatan Suharyadi. (2019). Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi: Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study. Penerbit: Media Sahabat Cendekia, Surabaya.
Hidayat, Wahyu, Anita B. Wandayana, Recha Fadriansyah. (2016). Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di SMK Avicena Rajeg Tangerang. Jurnal Cerita, Vol.2 No.1 Februari 2016.
Krissanti, Novika. (2020). Sistem Pencernaan Manusia. Wonosobo.
Maharani, Meilan Anastasia. (2018). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi dengan Codeigniter dan Laravel. Penerbit: CV. Lokomedia, Yogyakarta.
Mulyani, Sri. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. Penerbit: Abdi Sistematika, Bandung.
Muslihudin, Muhammad., dan Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Imformasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML.Penerbit: CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Prima, Gregorius Agung. (2018). HTML, PHP dan MYSQL Untuk Pemula. Penerbit: PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.
Pusadan, Mohammad Yazdi. (2015). Pemrograman Matlab Pada Sistem Pakar Fuzzy. Penerbit: CV. Budi Utama, Yogyakarta.
Ramadhan, Puji Sari. dan Pane, Usti Fatimah S. (2018). Mengenal Metode Sistem Pakar, Penerbit: Uais Inspirasi Indonesia, Ponorogo.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dedi Setiadi, Rano Agustino
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Teknlogi Informatika dan Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.