Perancangan Sistem Monitoring Nutrisi pada Tanaman Hidroponik Berbasis Arduino Uno

Yohanes Bowo Widodo, Ahmad Gunawan, Tata Sutabri

Abstract


Tanaman hidroponik merupakan budi daya tanaman yang memanfaatkan air, untuk menggantikan media tanah sebagai penanaman. Dikarenakan hidroponik menggunakan media air sebagai media utamanya, untuk itu tanaman hidroponik ditekankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sebagai pengganti sumber nutrisi dari media tanah. Tanaman hidroponik akan tumbuh lebih unggul dari pada tanaman biasa. Untuk itu tanaman hidroponik membutuhkan Sistem Monitoring Nutrisi. Sistem ini menggunakan Arduino Uno yang bekerja secara real timeagar nutrisi pada tanaman hidroponik tetap terjaga dengan baik. Nutrisi yang baik akan menghasilkan pertumbuhan tanaman hidroponik yang maksimal. Alat yang dirancang menggunakan Ardunino Uno sebagai pengendali, sensor TDS Meter untuk mengukur nilai TDS (Total Dissolved Solids), Keypad sebagai parameter minimal nilai analog TDS, LCD (Liquid Crystal Display) I2C 16x2 menampilkan hasil dari sensor dan hasil parameter yang sudah diprogram pada Arduino Uno. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil persentase kesalahan sebesar 6,23% dan hasil dari pengukuran sensor TDS dapat ditampilkan pada LCD yang sudah diprogram untuk menampilkan informasi cukup atau tidaknya kandungan nutrisi pada tanaman hidroponik tersebut.


Full Text:

PDF

References


Aini, N., & Azizah, N. (2018). Teknologi Budidaya Tanaman Sayuran secara Hidroponik. UB Press.

Akil, I. (2018). Referensi dan Panduan UML 2.4 Singkat Tepat Jelas. CV Garuda Mas Sejahtera.

Andriansyah, R., & Rizal, R. (2020). Tutorial Pembuatan Aplikasi Monitoring System EPPM Go! Kreatif Industri Nusantara.

Dharmawan, H. A. (2017). Mikrokontroler Konsep Dasar dan Praktis (Edisi Pertama). UB Press.

Fauzan, M. N., Chandiany, L., & Adiputri. (2019). Tutorial Membuat Prototipe Prediksi Ketinggian Air (Pka) Untuk Pendeteksi Banjir Peringatan Dini Berbasis IOT (Cetakan Pertama). Informatics Research Center.

Harianto, B. (2017). Petik Sayuran di Lahan Sempit. Penebar Swadaya.

Kadir, A. (2017). Pemrograman Arduino & Processing. PT Elex Media Komputindo.

Komaludin, D. (2018). Penerapan Teknologi Internet of Thing (IoT) pada bisnis budidaya tanaman Hidroponik sebagai langkah efisiensi biaya perawatan.

Maniah dan Haminudin, D. (2017). Analisis dan perancangan sistem informasi pembahasan secara praktis dengan contoh kasus. Deepublish.

Nugroho, A., Susilo, K. E., Winardi, S., & Budijanto, A. (2020). Buku Petunjuk Praktikum Mikrokontroler Arduino (Cetakan Pertama). Scopindo Media Pustaka.

Sari, M., Mahyuddin, Simarmata, M. M., Wati, A. S. C., Munthe, S. A., Hidayanti, R., Fatma, F., Saputra, H. A. S. H. M., & Hulu, V. T. (2020). Kesehatan Lingkungan Perumahan. Yayasan Kita Menulis.

Setiawardhana, Wasista, S., Saraswati, & Ayu, D. (2019). 19 Jam Belajar Cepat Arduino: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Tata Sutabri, T. O. (2021). Rancangan Bangun Alat Pakan Otomatis untuk Ikan Cupang Menggunakan Logika Fuzzy. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 115.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yohanes Bowo Widodo, Ahmad Gunawan, Sutabri Tata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats