Evaluasi Mobile Banking Dengan Pendekatan Use Questionnaire Dan Importance Performance Analysis

Ahmad Uci Safitra, Achmad Maezar Bayu Aji, Baginda Oloan Lubis, Budi Santoso

Abstract


Mobile banking merupakan suatu layanan perbankan yang dapat diakses langsung oleh nasabah melalui handphone dengan menggunakan menu yang sudah tersedia di Subcriber Identity Module Card (SIM Card) atau biasa dikenal dengan Menu Layanan Data atau SIM Toolkit. Kebanyakan dari pelanggan, terutama pada nasabah bank menginginkan suatu pelayanan yang bersifat sederhana dan praktis. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mobile banking yang dirasakan oleh pelanggan (nasabah). Penelitian juga dimaksudkan untuk mengetahui indikator apa saja yang perlu ditingkatkan agar lebih meningkatkan kualitas dari mobile banking. Obyek penelitian adalah pengguna mobile banking DIGI by bank BJB. Metode yang digunakan adalah use questionnaire dan Importance Performance Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan prioritas utama peningkatan mobile banking DIGI by bank BJB yakni mudah dioperasikan, tampilan warna enak dilihat dan tidak membosankan, tampilan menu mudah dikenali, halaman aplikasi mudah dicari, mudah dibaca, simbol-simbol gambar mudah dipahami, mudah mengakses informasi produk yang ditawarkan, spesifikasi produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan, transaksi pembayaran mudah diakses, menu dan tampilan halaman mudah diingat. Item ini harus segera ditingkatkan oleh pengelola untuk memenuhi harapan pengguna.


Full Text:

PDF

References


Fadlan, A., & Dewantara, R. Y. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Mobile Banking Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(1).

Fahmi, M. D., Az-zahra, H. M., & Dewi, R. K. (2018). Perbaikan Usability Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(12), 6653–6660.

Napitupulu, D. B. (2016). Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 14(1), 51–64. https://doi.org/10.17933/bpostel.2016.140105

Setyadi, D. P. P. (2018). Analisa Usability Aplikasi Emasdigi Sebagai Perdagangan Emas Online Berbasis Android. Sitech, 2(2), 165–172.

Subandi, N., Lubis, B. O., & Santoso, B. (2021). Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk Menganalisa Kemudahan dan Kegunaan Aplikasi Solfina Pada PT . SKK di Jakarta. 7(1), 71–87.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Uci Safitra, Achmad Maezar Bayu Aji, Baginda Oloan Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats