Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Animasi 2 Dimensi Untuk Anak Usia Dini di masa Pandemi

sarwindah . sarwindah

Abstract


Pada tahap pendidikan anak usia dini, siswa akan cenderung lebih tertarik dengan permainan yang mudah dimainkan dan di dalamnya terdapat warna-warni cerah serta gambar animasi yang menarik perhatian. Pada tahap pendidikan anak usia dini, sangatlah lebih tertarik dengan permainan yang didalamnya terdapat warna-warni serta gambar animasi yang menarik perhatian. Sedangkan saat ini kebanyakan di sekolah masih menggunakan metode pengajaran menggunakan media buku panduan. Pada pembelajaran pengenalan huruf dan angka siswa di ajarkan dengan menggunakan buku panduan dari sekolah yang materi pembelajarannya berisi mengenai pengenalan huruf dan angka. Animasi merupakan suatu objek yang dituangkan dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi, menampilkan gambar berurut yang bergerak sehingga karakter tersebut akan terlihat hidup dan yang melihat akan merasakan adanya ilusi gerakan pada gambar yang ditampilkan. Ilusi gerakan adalah perubahan yang dapat dilihat secara visual oleh penonton. Animasi tidak hanya menggerakan objek, tetapi juga memberikan karakter pada objek yang digerakkan, seperti emosi, watak untuk pengembangan karakterisasi (Theophano, 2007). Berdasarkan permasalahan yanga ada maka penulis membuat media pembelajaran berbasis animasi pengenalan huruf dan angka yang bertujuan dapat membantu siswa lebih mudah mengingat materi yang disampaikan oleh guru karena disajikan dalam tampilan yang menyenangkan.  Dalam pembelajaran pengenalan huruf dan angka ini, siswa akan bermain dengan cara memilih jenis huruf dan angka dan secara tidak langsung siswa akan merasa terbantu dan akan lebih cepat mengingat urutan huruf dan angka. Animasi ini dibuat menggunakan aplikasi photoshop dan flash untuk membuat animasinya.


Full Text:

PDF

References


Bakhri, Samsyul, 2019. Animasi Interaktif pengenalan Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta.

Faris Ahmad, dan Ade Fitria Lestari. 2016. Rancangan Animasi Pembelajaran Interaktif Alfabet Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, Vol11, No1.

Ihsan, Muhamad Majid. 2018. Design Educational Kit Sebagai Pendukung Media Pembelajaran Pada Yayasan Pendidikan An-Nur Kabupaten Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja.

Isfandira, Handika Bhaktiar. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Untuk Pengenalan Huruf dan angka pada anak di Ba Aisiyah Tejobang Simo Boyolali. Surakata: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prasetyo, Hary. 2017. Media Promosi Berbasis Animasi Pada Jurusan STMIK Teknik Informatika STMIK Raharja. Tangerang: STMIK Raharja.

Purwaningsih, Esty. 2018. Mengenal Warna, Angka, Huruf Dan Bentuk Pada Anak Usia Dini Melalui Animasi Interaktif. Tangerang: AMIK Bsi Tangerang, Vol3, No2.

Siregar, Rezeki Apriani. 2016. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyyah Pada Tingkatan Sekolah Dasar Menggunakan Metode Accelerated Learning. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM) Vol.3 No.1.

S. Sarwindah, “Prototype Sistem Pembiayaan Berbasis MFINWEB pada PT. Mandala Finance,” J. Justin (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), vol. 8, no. 4, p. 322-327 , 2020, DOI: 10.26418/justin.v8i4.41522

Sururi, Ahmad. 2019. Perancangan Media Interaktif Sebagai Panduan dan Promosi Pada Ilearning Journal Center. Tangerang: STMIK Raharja.

Sarwindah, “Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Buku pada TOKO BUKU NURIS,” J. TEKNOSI, pp. 77–84, 2016

Syahnaz, Chris. 2017. Perancangan Design Educational Kit Sebagai Sarana Pendukung Media Pembelajaran Pada Yayasan Bani As-Syuro Kabupaten Tangerang. Tangerang: STMIK Raharja.

Sarwindah, dkk. Pelatihan Aplikasi ANSIS (Analisa System) Bagi Karyawan Credit Analis Mandala Dalam Pemberian Kredit Motor: Indonesia , Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi 1 (2), 241-246, 2021

Yurindra, dkk . Aplikasi Absensi Mahasiswa Berbasis Radio Frequency Identification (Rfid) Di Institut Sains Dan Bisnis Atma Luhur Pangkalpinang. Nuansa Informatika 15 (2), 30-36, 2021




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sarwindah . sarwindah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats