Pengembangan Aplikasi E-Reimbursement Karyawan Berbasis Android Pada PT Bringin Inti Teknologi

Yohanes Bowo Widodo, Aulia Anindya, Tata Sutabri

Abstract


Aplikasi E-Reimbursement merupakan aplikasi online berbasis Android yang berfungsi sebagai sarana klaim atau reimbursement  karyawan PT Bringin Inti Teknologi. Kondisi pendemi saat ini yang mengharuskan karyawan dan atasan melakukan Work From Home demi mengikuti peraturan pemerintah. Hal tersebut membuat proses reimbursement bisa tertunda karna diperlukannya dokumen fisik dan tanda tangan basah di atas laporan. Namun dengan adanya aplikasi E-Reimbursement karyawan dengan mudah dan cepat dapat  melakukan proses reimbursement karena bisa dilakukan secara online. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Android Studio dan Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java serta sistem manajemen basis data menggunakan MySQL.

Hasil yang diharapkan dari aplikasi ini adalah agar proses reimbursement dapat berjalan dengan cepat dan efektif tapi tetap disesuaikan dengan standar operasional perusahaan yang sedang berlaku saat ini. Diharapkan juga kedepannya tidak terjadi duplikasi penyimpanan arsip untuk dokumen reimbursement karena data reimbursement sudah tersimpan di database. Selain meminimalisir penggunaan ruang arsip yang berlebih, pencarian dokumen reimbursement  saat diperlukan bisa melalui database tanpa harus membuka dokumen fisik.


Full Text:

PDF

References


Sutabri, T. (2016). Sistem informasi manajemen. Andi Offset, Yogyakarta.

Indrawan, G. (2019). Database MySQL dengan Pemograman PHP. Penerbit Gramedia.

Martias, A. (2018). Analisa Kecukupan Penerapan Pengawasan Internal Dengan Metode System Development Life Cycle PT. XYZ. Moneter-Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Neyfa, B. C., & s Salsabila, G. (2016). Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik.

Kurniawan, M. R. (2018). Aplikasi Pendaftaran Administrasi Pelatihan kerja Berbasis Web pada Balai Latihan Kerja Kota Prabumulih (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Moneka, A. (2019). Aplikasi pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) pada PT Kharisma Karya Samudra Palembang berbasis web (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Kuswardana, Y., Nurfauziah, H., & Meliana, N. (2019). Sistem informasi medical reimbursement pada PT. Pangansari Utama berbasis web. Jurnal Visualika.

Veza, M. O., & Ropianto, M. (2017). Perancangan Sistem Informasi Inventory Data Barang Pada PT. Andalas Berlian Motors. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI).

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT.

Pengertian Aplikasi: Fungsi, Sejarah, Klasifikasi, Jenis & Contoh Aplikasi – 2020 (https://www.alkamilibs.sch.id/ruangguru-alkamilibs/pengertianaplikasi/)

Mengenal Android Studio – 2021 (https://developer.android.com/studio/in)

Apa Itu Web Hosting? Pengertian Web Hosting dan Jenis-jenisnya – 2021 (https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-web-hosting)

Sutabri, T., Putrasandi, Y. N., & Widodo, Y. B. (2020). Perancangan Aplikasi Posyandu Digital Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 84.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v7i2.644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yohanes Bowo Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats