Penerapan Algoritma Apriori Dengan Market Basket Analysis Untuk Pengaturan Tata Letak Barang

Putri Andriani, Lelah lelah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak toko untuk menganalisa barang apa saja yang sering dibeli dalam kurun waktu tertentu dan diletakkan saling berdekatan dan agar memperoleh proses penataan tata letak barang pada display area dengan mempertimbangkan pola pembelanjaan pelanggan untuk memudahkan dalam menemukan produk yang akan di beli secara bersamaan dengan menggunakan algoritma apriori. Data data yang yang terlibat dalam setiap transaksi penjualan pada sares Gallery sehingga terjadinya tumpukan data yang dibiarkan saja.untuk itu digunakanlah metode market basket analysis untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Kemudian, sistem akan menjalankan proses penghitungan nilai dukungandari setiap kumpulan data transaksi yang ada dalam rentang waktu tersebut dan memilih sesuai dengan nilai dukungan minimum. Dalam menetapkan aturan asosiasi yang hendak ditunjuk, maka tentu harus mengurutkan terlebih dahulu berdasarkan support x confidence. Aturan tersebut akan diambil sebanyak n aturan yang mempunyai hasil terbesar. Maka, diambil kesimpulan tiga item yang sering dibeli bersamaan adalah Baju, sandal, dompet


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v7i2.633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Putri Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats