Implementasi BAS (Building Automatic System) Menggunakan Replikasi Prototype Control Lighting Dengan Mikrokontroller Arduino

Tata Sutabri, Purnomo Purnomo, Yohanes Bowo Widodo

Abstract


Efisiensi, efektifitas, penghematan energi listrik telah menjadi topik penelitian yang menarik banyak peneliti sekarang ini. Model teknologi telah banyak yang diusulkan untuk meningkatkan efektifitas dan hemat energi listrik bagi Perusahaan. Salah satu contohnya adalah model BAS (building automatic system) mengunakan perangkat Arduino. Pada penelitian ini, implementasi system BAS menggunakan replikasi prototype control lighting dengan Mikrokontroller Arduino. Penelitian dilakukan pada PT. Betawi Jaya Mandiri. Sistem BAS yang diusulkan dikendalikan secara terpusat oleh sebuah komputer. Komputer dapat mengontrol hidup atau matinya lampu dengan menggunakan Ardiuno Client. Komputer juga dapat mengetahui arus listrik yang terpakai mengunakan arduino server. Kelebihan alat ini dapat mengontrol semua lampu atau beban lain dalam gedung bertingkat dari satu tempat yaitu server berupa local host. Penerapan sistem BAS pada PT. Betawi Jaya mandiri menjadikan operasional pemantauan gedung  sangat efektif. Dengan sistem BAS ini jam operasional bisa diatur dengan mudah dengan kontrol dari laptop  melalui tombol on/off. Seluruh lampu di setiap lantai bisa dipantau dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Hari Santoso. 2015. “Panduan praktis Arduino untuk pemula”. Trenggalek. From http://www.elangsakti.com/2015/07/ebook-panduan-Praktis-arduino-untuk-pemula.html/ Di akses pada 07 Juli 2018.

Hari Santoso.2017. “Moster Arduino”. Malang

http://www.elangsakti.com/2017/09/ebook-Moster-arduino.html/ Di akses pada 19 Juli 2018.

Abdul Kadir .2016. “Stratc for Arduino (S4A) Panduan untuk mempelajari Electronika dan pemrograman”. Yogyakarta: ANDI

Mochamad Fajar Wicaksono, Skom., M.kom. Hidayat, S.kom., M.T. 2017. “Mudah Belajar Mikrokontroler Arduino”. Bandung: Informatika.

Fathansyah, 2018. “Basis data”. Bandung: Informatika.

Edy Winarno ST, M.Eng. Ali Zaki. Smit Dev Community. 2013. “Membuat sendiri jaringan computer”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Abdul Kadir. 2018. “Dasar Pemrograman Internet untuk Proyek Berbasis Arduino”. Yogyakarta: ANDI

Hidayatullah, P, & Kawistara, J. K. 2017. “Pemrograman Web”. Bandung: Informatika.

Alexander, Fk. Sibero, 2013. “Web Programing Power Pack”. Yogyakarta: Mediakom.

Supomo, & Putratama. V. 2016. “Pemrograman Web dengan menggunakan Php dan Framework codeigniter”. Yogyakarta: Deepublish

Muhammad, Sadeli. 2013. “Dreamweaver Cs6 untuk orang awam”. Palembang: Maxikom




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v7i1.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tata Sutabri, Purnomo Purnomo, Yohanes Bowo Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats