Perancangan Sistem Monitoring Beban Kendaraan Menggunakan Teknologi Sensor Load Cell

Sondang Sibuea, Bagas Saftaji

Abstract


Transportasi termasuk bagian penting untuk menunjang berbagai kegiatan di sebuah kota, termasuk di Indonesia. Hal ini dikarenakan hampir semua kegiatan manusia tidak lepas dari proses transportasi, baik dari segi perpindahan orang maupun perpindahan barang. Transportasi barang (logistik) di Indonesia masih didominasi oleh angkutan jalan, khususnya menggunakan truk. Namun, banyak ditemukan pengguna kendaraan dengan muatan yang berlebih. Hal itu sangat membahayakan pengguna kendaraan itu sendiri dan membahayakan pengguna jalan yang lain. Selain dari itu, kendaraan dengan muatan yang berlebih akan menyebabkan kerusakan jalan. Maka dari itu dibuatlah sistem monitoring beban kendaraan, sistem ini bekerja dengan cara mengukur berat muatan pada kendaraan dengan menggunakan sensor load cell dan data yang sudah didapat akan ditampilkan pada website.


Full Text:

PDF

References


Amin, Y. (2016). Implementasi Algoritmaa Fuzzy K-Nearest Neigbour (Fuzzy K-NN) Untuk Klasifikasi Proposal Skripsi Berdasarkan Kelompok Keilmuan Di Teknik Informatika UNIKOM (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

D. Satria, Y. Yanti and M. , "Web," rancang bangun sistem penjadwalan bel sekolah berbasis arduino uno dengan antarmuka berbasis web menggunakan ethernet web server, vol. II, no. 3, p. 144, 2017.

Fauzi Naufal, Hapsari Gita, 2019, e-Proceeding of Applied Science, telkomuniversity, Bandung.

M. Syaifullah, Burhanuddin. (2018). Implementation of SISKEUDES Based on Top

Nuryanto, R. (2015). Pengukur Berat dan Tinggi Badan Ideal Berbasis Arduino. Karya Ilmiah Program Sarjana. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

R. R. Mulya, “HX711,” Otomatisasi penentuan harga berdasarkan berat dan volume barang pada jasa pengiriman, vol. I, p. 14, 2016

Solichin, A. (2016). Pemrograman web dengan PHP dan MySQL. Penerbit Budi Luhur.

Trisya Septiana: Jurnal Nasional Teknik Elektro, 2018:Vol.7

WIJAYA SN, O. K. T. A. (2015). Kendali Motor Dc Menggunakan Sensor Srf (Sonar Range Finder) Pada Robot Webcam Berbasis Android (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

I. Suhendra and W. S. Pambudi, "aplikasi load cell untuk otomasi pada depot air minum isi ulang," sains dan teknologi, pp. 13-14, 2015.

I. Lab, “Pengertian Ethernet Shield Dan Cara Kerjanya,” Immersa Lab, 8 Februari 2018. (Sumber : diakses dari http://www.immersalab.com/pengertianethernet-shield-dan-cara-kerjanya.htm pada tanggal 18 Maret 2020 pukul 16:22)

http://eprints.polsri.ac.id

https://eprints.uns.ac.id




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v6i2.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sondang Sibuea, Bagas Saftaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats