Sistem Pakar Identifikasi Kerusakan Motor Matic Beserta Solusi

Sondang Sibuea, Budi Setiawan

Abstract


Semakin hari jumlah kendaraan bermotor makin meningkat. Kendaraan bermotor ada dua jenis yaitu kendaraan bermotor dengan transmisi manual dan dengan transmisi automatis (matic). Sebagian besar masyarakat memilih untuk menggunakan motor jenis matic dikarenakan penggunaannya yang mudah, nyaman dan tidak rumit perawatannya. Namun para pemilik kendaraan roda dua ini, kadang tidak menghiraukan soal perawatan kendaraan miliknya sendiri dikarenakan keterbatasan pengetahuan pemilik kendaraan roda dua tersebut tentang kerusakan yang dialami kendaraannya dan mahalnya biaya perawatan serta suku cadang (spare part) kendaraan tersebut. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk dapat mengidentifikasi kerusakan motor matic secara dini, sehingga bisa meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode inferensi yang digunakan adalah forward chaining dimana pelacakan didasarkan atas data atau fakta kemudian menuju pada kesimpulan yaitu jenis kerusakan motor matic dan solusi penanganannya.

Full Text:

PDF

References


D. Alfrido and T. K. Gautama, “Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Sepeda Motor dengan Metode Forward Chaining,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2017.

R. Siregar, “SISTEM PAKAR ANALISA KERUSAKAN PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT INJECTION DENGAN METODE BACKWARD CHAINING,” PETIR, 2018.

B. Setiyaji, T. Susyanto, and D. Remawati, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN MOTOR 4 TAK HONDA VARIO DENGAN ALGORITMA C4.5,” J. Teknol. Inf. dan Komun., 2018.

S. Kosasi, “Pembuatan Aplikasi Diagnosa Kerusakan Mesin Sepeda Motor Matic dengan Case-Based Reasoning,” Creat. Inf. Technol. J., 2015.

J. Nasir and Z. H. Gultom, “Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Kerusakan Pada Sepeda Motor Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., 2018.

P. A. Bima and S. Bakhri, “Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Mesin Sepeda Motor Non Injeksi Yamaha Pada Bengkel Dirgantara Motor,” Paradigma, 2018.

C. Grosan and A. Abraham, “Rule-Based Expert Systems,” Intell. Syst. Ref. Libr., 2011.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v5i2.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sondang Sibuea, Budi Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats