PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGAJI DENGAN METODE BELAJAR ALBARQI DASAR PADA YAYASAN MARHAMATUR RIDHO BERBASIS ANDROID

Nurul Rudotul Saddiah Siregar, Tata Sutabri

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini menjadikan
sebuah produk teknologi menjadi barang
penting untuk menunjang produktivitas
kehidupan sehari-hari. Smartphone adalah salah
satu andalan yang sudah menjadi kebutuhan
setiap orang di era teknologi sekarang ini dan
juga sudah menjadi identitas sekunder bagi
sekian banyak masyarakat penggunanya di
daerah perkotaan. Karna pada era ini setiap
orang lebih menginginkan sesuatu yang di dapat
secara instant dan cepat oleh karena itu
Smartphone menjadi sebuah pilihan yang
menyenangkan di berbagai usia dan jenis
pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang suatu aplikasi mobile edukasi
berbasis android, mengimplementasikan dan
memeberikan pelajaran kepada setiap anak serta
mengenalkan metode pembelajaran Albarqi
dengan mudah dan menyenangkan kepada
pengguna. Bedasarkan dengan implementasi
yang telah di uraikan , peneliti menyimpulkan
beberapa pengembangan dalam metode
pembelajaran huruf hijaiyah dengan metode
belajar Albarqi berbasis android agar
memepermudah dalam menghafalkan huruf
hijaiyah dengan smartphone. Karena
penggunaannya sangat mudah membuat aplikasi
ini dapat digunakan dimanapun dan kapapun
oleh setiap anak.


Full Text:

PDF

References


(2016, 2 2). definisipengertian.net. Retrieved

7, 18, from Pengertian Analilis

Sistem dan Fungsinya:

http://definisipengertian.net/pengertian

-analisis-sistem-dan-fungsinya/#

. (2014, 4 2). pasukansedekah.wordpress.com.

Retrieved 3 2, 2018, from Pengertian

Video:

https://pasukansedekah.wordpress.com/

/04/16/pengertian-vidio-padamultimedia/

de-tekno.com. (2015, 3 4). Retrieved 2 5, 2018,

from fitur Android: https://tekno.com/2015/11/versi-android-danfitur-fiturnya/

woocara.blogspot.com. (2015, 2 4). Retrieved 2

, 2018, from sjarah Android:

http://woocara.blogspot.com/2015/02/s

ejarah-android-dan-nama-nama-versiandroid.

html

Andriyanto. (2014, 10 4).

andriyanto0611.blogspot.com.

Retrieved 2 3, 2018, from Makalah

Albarqi:

http://andriyanto0611.blogspot.com/20

/04/normal-0-false-false-false-en-usx-

none.html

Burhan, L. (2014, 12 3).

metodecepatbelajaralquran.blogspot.c

om. Retrieved 2018 4, 02, from Sejarah

Albarqi:

http://metodecepatbelajaralquran.blogs

pot.com/2014/12/penemu-metode-albarqymetode-

cepat.html

Hamim, T. (2014). Astah-Analisis serta

Perancangan Sistem Informasi Melalui

Pendekatan UML. Yogyakarta:

Penerbit Andi.

Mandala. (2014, 12 1).

www.mandalamaya.com. Retrieved 2

, 2018, from Pengertian Game:

http://www.mandalamaya.com/pengerti

an-game-menurut-para-ahli/

Rahmadani, C. (2015). Dasar Algoritma dan

Struktur Data dengan Algoritma.

Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Rosa, A., & M. Shalahudin. (2016). Rekayasa

Perangkat Lunak. Bandung:

Informatika.

Sutabri, T. (2016). Sistem Informasi Manajemen

(Edisi Revisi). Yogyakarta: Penerbit

ANDI.

Verdi, Y. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak

Berorientasi Objek: Pemodelan

Arsitektur dan Perancangan (

Modeling, Architecture and Design).

Jakarta: Mitra Wacana Media.

Yudhanto, Y., & Wijayanto, A. (2017). Mudah

Membuat dan Berbisnis Aplikasi

Android dengan Android Studio.

Jakarta: Penerbit PT Elex Media

Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v5i1.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurul Rudotul Saddiah Siregar, Tata Sutabri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats