PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGAJI DENGAN METODE BELAJAR ALBARQI DASAR PADA YAYASAN MARHAMATUR RIDHO BERBASIS ANDROID
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini menjadikan
sebuah produk teknologi menjadi barang
penting untuk menunjang produktivitas
kehidupan sehari-hari. Smartphone adalah salah
satu andalan yang sudah menjadi kebutuhan
setiap orang di era teknologi sekarang ini dan
juga sudah menjadi identitas sekunder bagi
sekian banyak masyarakat penggunanya di
daerah perkotaan. Karna pada era ini setiap
orang lebih menginginkan sesuatu yang di dapat
secara instant dan cepat oleh karena itu
Smartphone menjadi sebuah pilihan yang
menyenangkan di berbagai usia dan jenis
pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang suatu aplikasi mobile edukasi
berbasis android, mengimplementasikan dan
memeberikan pelajaran kepada setiap anak serta
mengenalkan metode pembelajaran Albarqi
dengan mudah dan menyenangkan kepada
pengguna. Bedasarkan dengan implementasi
yang telah di uraikan , peneliti menyimpulkan
beberapa pengembangan dalam metode
pembelajaran huruf hijaiyah dengan metode
belajar Albarqi berbasis android agar
memepermudah dalam menghafalkan huruf
hijaiyah dengan smartphone. Karena
penggunaannya sangat mudah membuat aplikasi
ini dapat digunakan dimanapun dan kapapun
oleh setiap anak.
Full Text:
PDFReferences
(2016, 2 2). definisipengertian.net. Retrieved
7, 18, from Pengertian Analilis
Sistem dan Fungsinya:
http://definisipengertian.net/pengertian
-analisis-sistem-dan-fungsinya/#
. (2014, 4 2). pasukansedekah.wordpress.com.
Retrieved 3 2, 2018, from Pengertian
Video:
https://pasukansedekah.wordpress.com/
/04/16/pengertian-vidio-padamultimedia/
de-tekno.com. (2015, 3 4). Retrieved 2 5, 2018,
from fitur Android: https://tekno.com/2015/11/versi-android-danfitur-fiturnya/
woocara.blogspot.com. (2015, 2 4). Retrieved 2
, 2018, from sjarah Android:
http://woocara.blogspot.com/2015/02/s
ejarah-android-dan-nama-nama-versiandroid.
html
Andriyanto. (2014, 10 4).
andriyanto0611.blogspot.com.
Retrieved 2 3, 2018, from Makalah
Albarqi:
http://andriyanto0611.blogspot.com/20
/04/normal-0-false-false-false-en-usx-
none.html
Burhan, L. (2014, 12 3).
metodecepatbelajaralquran.blogspot.c
om. Retrieved 2018 4, 02, from Sejarah
Albarqi:
http://metodecepatbelajaralquran.blogs
pot.com/2014/12/penemu-metode-albarqymetode-
cepat.html
Hamim, T. (2014). Astah-Analisis serta
Perancangan Sistem Informasi Melalui
Pendekatan UML. Yogyakarta:
Penerbit Andi.
Mandala. (2014, 12 1).
www.mandalamaya.com. Retrieved 2
, 2018, from Pengertian Game:
http://www.mandalamaya.com/pengerti
an-game-menurut-para-ahli/
Rahmadani, C. (2015). Dasar Algoritma dan
Struktur Data dengan Algoritma.
Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Rosa, A., & M. Shalahudin. (2016). Rekayasa
Perangkat Lunak. Bandung:
Informatika.
Sutabri, T. (2016). Sistem Informasi Manajemen
(Edisi Revisi). Yogyakarta: Penerbit
ANDI.
Verdi, Y. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak
Berorientasi Objek: Pemodelan
Arsitektur dan Perancangan (
Modeling, Architecture and Design).
Jakarta: Mitra Wacana Media.
Yudhanto, Y., & Wijayanto, A. (2017). Mudah
Membuat dan Berbisnis Aplikasi
Android dengan Android Studio.
Jakarta: Penerbit PT Elex Media
Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v5i1.245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nurul Rudotul Saddiah Siregar, Tata Sutabri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.