Rancang Bangun Aplikasi Total Productive Maintenance (TPM) Berbasis Android

Dimas Irwan Aji Andriyono, Ahmad Fitriansyah, Eka Satryawati

Abstract


Dalam era revolusi industri 4.0, perusahaan terus dituntut untuk melakukan inovasi dengan memberi kesempatan kepada seluruh karyawannya untuk turut serta membangun dan membuat ide-ide baru di perusahaan. Salah satunya adalah inovasi dalam kegiatan Total Productive Maintenance (TPM). Inovasi ini diharapkan membantu meningkatkan performa mesin – mesin produksi yang ada di perusahaan. Kendala yang dihadapi adalah minimnya pengolahan data administrasi total productive maintenance yang kurang detail menjadi salah satu masalah dalam mengembangkan inovasi di TPM. Penelitian ini akan ikut membantu menyelesaikan permasalah tersebut dengan membangun aplikasi yang dapat mengolah data TPM secara sistematis dan informatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis software development life cycle (SDLC) untuk menganalisa sistem yang dibutuhkan mulai dari perencanaan, analisis, perancangan, penerapan, dan pemeliharaan. Sistem yang dibangun menggunakan Bahasa pemrograman Java dan SQLlite untuk databasenya, Android studio versi 3.5 untuk desain dan unified modelling language (UML) untuk pemodelan sistemnya. Hasil penelitian ini berupa aplikasi B7TPM berbasis android yang hanya bisa di akses secara internal di lingkungan perusahaan

Full Text:

PDF

References


Danuseputro, C. A. (2016). Aplikasi TPM (Total Productive Maintenance) Pada Produksi Line 3 PT. HJL Untuk Meningkatkan Efektivitas Produksi. Widya Mandala Catholic University, Surabaya.

Kurniawan, F. (2013). Manajemen Perawatan Industrik, Teknik dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudrajat, A., & Rahmatullah, G. M. (2020). Pedoman Praktis Manajemen Perawatan Mesin Industri Ed. Revisi. Bandung: Refika Aditama.

Utomo, G. A., & Alghofari, A. K. (2018). Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) dan Six Big Losses untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi pada Mesin Injection Molding Nigata (Studi Kasus: Asia Protendo Graha). Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v6i2.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dimas Irwan Aji Andriyono, Ahmad Fitriansyah, Eka Satryawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats