Sistem Reimbursement Elektronik (e-Reimbursement) Pada PT Fan Integrasi Teknologi

Vita Putri Anugerah, Ahmad Fitriansyah, Eka Satryawati

Abstract


Perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan manfaat bagi penggunanya. Pemanfaatan teknologi sistem informasi yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi sistem untuk mengolah data menjadi informasi yang dapat membantu organisasi dalam menghasilkan informasi yang cepat dan akurat. PT Fan Integrasi Teknologi saat ini dalam melakukan pengajuan reimbursement masih dilakukan secara manual, sehingga banyak karyawan mengeluh karena lamanya proses pencairan reimbursement  dikarenakan terjadi penumpukan pengajuan reimbursement oleh karyawan yang membuat terjadinya keterlambatan dalam pengajuan laporan reimbursement bulanan yang dilakukan oleh staf keuangan ke manajer operasional. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengajukan solusi dengan pembuatan sistem informasi reimbursement agar pengajuan reimbursement dapat dilakukan secara elektronik yang akhirnya akan dapat mempercepat proses pencairan reimbursement. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan dilakukan dengan melakukan observasi secara langsung terhadap sistem yang berjalan sekaligus melakukan wawancara dengan staf keuangan yang bertugas menangani reimbursement. Studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan bahan pustaka terkait sistem reimbursement. Hasil penelitian berupa aplikasi sistem informasi reimbursement elektronik (e-reimbursement) yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP 7 dengan framework CodeIgniter 3.1.10 dan sistem basis data MySQL. Aplikasi menggunakan 15 file database dan melibatkan 5 aktor yaitu Staf, Staf Keuangan, Manajer Operasional, Direktur dan Administrator.

Full Text:

PDF

References


Mundzir, M. F. (2018). Buku Sakti Pemrograman Web : Seri PHP. Yogyakarta: Penerbit Start Up.

Nur, R., & Suyuti, M. A. (2018). Perancangan Mesin-Mesin Industri. Yogyakarta: Deepublish.

Pressman, R. S. ., & Maxim, B. R. (2014). Software Engineering: A Practitioner’s Approach (8th Editio). New York: McGraw-Hill Education.

Rochaety, E. (2017). Sistem Informasi Manajemen (3rd ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sulistiono, H. (2018). Coding Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sutabri, T. (2016). Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v6i2.234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Fitriansyah, Vita Putri Anugerah, Eka Satryawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats