Implementasi Algoritma Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen Masyarakat pada Twitter mengenai Kepopuleran Produk Skincare di Indonesia

Ambar Fisty Setyaningsih, Dian Septiyani, Sisilia Rahma Widiasari

Abstract


Perawatan kulit, tubuh, ataupun wajah merupakan sesuatu hal yang harus diperhatikan baik pria ataupun wanita. Perawatan dilakukan bukan untuk gaya tetapi juga untuk menjaga Kesehatan. Sekarang ini perawatan bisa didapatkan dengan harga terjangkau tidak harus dengan harga mahal. Banyak produk perawatan yang dapat digunakan sehari-hari dari berbagai brand. Akhir-akhir ini banyak produk yang bermunculan mulai dari produk lama sampai produk baru. Perusahaan terus berinovasi untuk membuat berbagai produk perawatan yang memiliki kulaitas tinggi namun tetap terjangkau harganya. Skincare di Indonesia terus menyediakan berbagai produk yang terus dikembangkan mulai dari body lotion, body scrub, serum wajah, krim wajah, facial wash. Kepopuleran produk selalu menjadi pusat perhatian masyarakat dan menjadi trending topik pada media sosial, salah satunya Twitter. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan analisis sentimen masyarakat terhadap kepopuleran produk skincare di Indonesia dengan mengimplementasikan algoritma Naïve Bayes, dan pengolahan data dilakukan menggunakan software Orange.


Full Text:

PDF

References


Ananda, F. D., & Pristyanto, Y. (2021). Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Layanan Internet Provider Menggunakan Algoritma Support Vector Machine. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 407–416. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1130

Andriani, N. F., & Setiawan, A. H. (2020). Faktor Berhubungan Konsumen Terhadap Penggunaan Produk Skincare. Diponegoro Journal of Kesehatan, 9(4), 1–8.

Anggoro, A. L., Viola, L., & Ken, P. (2023). Analisis Media Text Clustering pada Twitter Akan Kasus Selebriti Menggunakan Orange Data Mining. 7, 189–195.

Astari, N. M. A. J., Dewa Gede Hendra Divayana, & Gede Indrawan. (2020). Analisis Sentimen Dokumen Twitter Mengenai Dampak Virus Corona Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 15(1), 27–29. https://doi.org/10.30864/jsi.v15i1.332

Darwis, D., Pratiwi, E. S., & Pasaribu, A. F. O. (2020). Penerapan Algoritma Svm Untuk Analisis Sentimen Pada Data Twitter Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/edutic.v7i1.8779

Gunawan, B., Pratiwi, H. S., & Pratama, E. E. (2018). Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 4(2), 113. https://doi.org/10.26418/jp.v4i2.27526

Hamka, M., Alfatari, N., & Ratna Sari, D. (2022). Analisis Sentimen Produk Kecantikan Jenis Serum Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 4(1), 64. https://doi.org/10.30865/json.v4i1.4740

Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2021). Sentimen Analisis Masyarakat Terhadap Rakyat Palestina dengan Klasifikasi Naive Bayes. Jurnal Sistem Telekomunikasi Elektronika Sistem Kontrol Power Sistem & Komputer, 1(2), 167–176.

Nurtikasari, Y., Syariful Alam, & Teguh Iman Hermanto. (2022). Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Film Pada Platform Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(4), 411–423. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i4.770

Pintoko, B. M., & L., K. M. (2018). Analisis Sentimen Jasa Transportasi Online pada Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. E-Proceeding of Engineering, 5(3), 8121–8130.

Prabowo, W. A., & Azizah, F. (2021). Sentiment Analysis for Detecting Cyberbullying Using TF-IDF and SVM. RESTI Journal, 4(10), 11–12.

Prabowo, W. A., & Wiguna, C. (2021). Sistem Informasi UMKM Bengkel Berbasis Web Menggunakan Metode SCRUM. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 149. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2604

Prastika, E. Y., Faraby, S. Al, & P, M. D. (2021). Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Kecantikan Menggunakan K-Nearest Neighbor dan Information Gain. E-Proceeding of Engineering, 8(5), 10091–10105.

Sari, D. N., Sari, D. N., Adelia, F., Rosdiana, F., Butar, B. B., & Hariyanto, M. (2020). Analisa Sentimen Terhadap Review Produk Kecantikan Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. JIKA (Jurnal Informatika), 4(3), 109. https://doi.org/10.31000/jika.v4i3.3086

Sari, R., & Hayuningtyas, R. Y. (2019). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Pada Wisata TMII Berbasis Website. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(2), 51–60. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i2.6957

Sihombing, L. O., Hannie, H., & Dermawan, B. A. (2021). Sentimen Analisis Customer Review Produk Shopee Indonesia Menggunakan Algortima Naïve Bayes Classifier. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 233–242. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4089




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ambar Fisty Setyaningsih, Dian Septiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats