Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tabir Surya Wajah untuk Kulit Berminyak Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

Ratih Widolaras, Muhammad Nur Ikhsanto

Abstract


Tabir surya (Sunscreen) merupakan  suatu zat atau material yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV). World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemakaian tabir surya (Sunscreen) sebagai salah satu upaya untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Pemilihan tabir surya harus sesuai dengan jenis kulit. Ketika konsumen dihadapkan dengan banyak pilihan merk, kebanyakan dari mereka kebinggungan untuk memilih tabir surya yang sesuai. Dari masalah tersebut dibuatlah sebuah sistem pendukung keputusan yang ditujukan untuk membantu konsumen memilih tabir surya  yang sesuai dengan kebutuhan kulit mereka. Sistem pendukung keputusan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) berperan dalam membantu konsumen untuk mendapatkan rekomendasi tabir surya (sunscreen) yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Dalam penelitian ini diteliti 5 merk tabir surya untuk jenis kulit berminyak. Kriteria yang menjadi bahan penilaian adalah kandungan SPF, harga, tekstur dan kualitas. Berdasarkan perhitungan AHP, maka diperoleh alternatif dengan nilai matrik tertinggi yaitu oleh merk Skin Aqua UV Moisture Gel dengan nilai matrik 0,32. Rangking kedua adalah produk dengan merk Emina Skin Buddy dengan nilai 0,287. Rangking ke tiga adalah produk dengan merk Whitelab UV Shield Tank Sunscreen dengan nilai 0,191. Rangking ke empat adalah produk dengan merk Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel dengan nilai 0,136. Ranking terakhir adalah produk Dengan merk Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer dengan nilai 0,066.


Full Text:

PDF

References


American Cancer Society . (2022). Retrieved from cancer.org: https://www.cancer.org/healthy/cancer-causes/radiation-exposure/uv-radiation.html

Jenis-jenis kulit wajah. (2022). Retrieved from Senka: https:/www.senka.id/senka-stories/jenis-jenis-kulit-wajah

Novitasari. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Skincare yang Sesuai Dengan Kulit Wajah Menggunakan Metode SAW.

Oktaputra, A. W., & Noersasongko, E. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Motor Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Perusahaan Leasing HD Finance. Jurnal SPK, 3.

Parhusip, J. (2019). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 19.

Saliman. (2010). Mengenal Decision Support System (DSS).

Umami, I. M. (2020). Salah Pilih Sunscreen ternyata ada dampak buruknya. Retrieved from Beautynesia: https://www.beautynesia.id/salah-pilih-sunscreen-ternyata-ada-dampak-buruknya/b-177463

World Health Organization. (2022). Retrieved from www.who.int: https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/radiation-sun-protection

Zega, K., & Fahmi, H. (2021). Penerapan Sistem Penunjang Keputusan Menentukan Rangking Sekolah Unggul Kabupaten Nias dengan Menggunakan Metode AHP . 2.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ratih widolaras, Muhammad Nur Ikhsanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats