Perancangan Sistem Informasi Manajemen Klinik Berbasis Web Dengan Mengggunakan Metode System Development Life Cycle

Rano Agustino, Handa Gustiawan, Moh Ikhsan Saputro, Agus Wiyatno

Abstract


Dalam membangun suatu sistem untuk mendukung manajemen klinik agar dapat mengolah administrasi klinik menjadi tersistem maka hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah merancang sistem nya yang sesuai dengan kebutuhan administrasi klinik Pesona Medika. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) untuk metode pengembangan sistem nya sedangkan model nya menggunakan Waterfall, karena penelitian ini lebih berorientasi kepada dokumentasi yang mana dengan model waterfall lebih sesuai untuk keperluan ini. Proses model waterfall terdiri 5 tahapan yangb mana yang pertama adalah Analisa Kebutuhan Sistem. Untuk memenuhi kebutuhan dari analisa kebutuhan sistem  pada administrasi klinik maka dibutuhkan kerja sama dari pihak klinik dalam hal ini staff admin atau operator dari klinik untuk menjelaskan dan memberikan dokumen atau data apa saja yang berhubungan dengan proses administrasi nya, proses ini berada di tahapan Analisa Kebutuhan Sistem. Sedangkan untuk bahasa pemrograman dalam membuat website ini dengan menggunakan HTML 5 Sebagai tampilan user nya, sedangkan untuk backen nya menggunakan PHP, sedangkan database yang digunakan 

Kata Kunci: Sistem Klinik, SI Klinik, SIK.


Full Text:

PDF

References


Agustino, R., & Pertiwi, S. (2020). Membangun Sistem Model Learning Style Inventory Untuk Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa Program E-Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(2), 1-12.

A.S Rosa dan Salahuddin M, 2014, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung

Handayani ,Sri, 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Dosen Fakultas Teknologi Informasi Dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM). INFOKAM Nomor I Th. XIII/MARET/2017

Rochman, A., Tullah, R., & Rahman, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Data Pasien di Klinik Aulia Medika Pasarkemis. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 9(1).

Sopian, A., Agustino, R., & Wiyatno, A. (2020). Perancangan Aplikasi Surat Menggunakan Framework Codeigniter Dan Bootstrap Pada LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 6(2), 47-62.

Subhiyakto, E. R., Astuti, Y. P., Umaroh, L., Utomo, D. W., Rachmawanto, E. H., & Sari, C. A. (2017). Rancang bangun sistem informasi pengarsipan data pasien klinik cemara. Techno. com, 16(1), 25-34.

Suprianto, A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pendaftaran Pasien Online Dan Pemeriksaan Dokter Di Klinik Pengobatan Berbasis Web. Jurnal Rekayasa Informasi, 10(2), 136-149.

Alifiani, D. N. (2017). Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Pada Klinik dr. Veri Kajen Kabupaten Pekalongan Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 4(1), 51-58.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rano Agustino

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats