Penerapan Rapidminer menggunakan metode K-Means untuk Pengelompokkan Puskesmas pada Cakupan Imunisasi Dasar (Studi Kasus : Kota Bandung)

Raka Rizki Ramadhan, Usep Saprudin

Abstract


Program Imunisasi sejak tahun 1974 merupakan komponen penting bagi pelayanan Kesehatan bayi. Imunisasi merupakan salah satu cara dalam mengurangi angka kematian bayi dan anak karena imunisasi berfungsi untuk memperbaiki resistansi tubuh dan mengatasi penyakit. Penelitian ini bertujuan  untuk pengelompokkan jumlah bayi yang dilayani oleh puskesmas dalam program imunisasi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah Algoritma K-Means . Data yang diambil dapat dikelompokkan ke dalam beberapa clustering, yaitu dari clustering tertinggi, clustering sedang dan clustering terendah. Data yang didapatkan bersumber dari open data di portal website bandung dengan portal website https://data.bandung.go.id . Data yang dipakai yaitu dari tahun 2019-2020 yang terdiri dari 80 UPT Puskesmas . Pada Penelitian ini atribut yang digunakan yaitu Jumlah total Bayi dan Jumlah total pelayanan Kesehatan bayi. Proses iterasi sebanyak 6 kali hingga memperoleh hasil pengelompokkan puskesmas yang memberikan pelayanan Imunisasi dasar. Hasil cluster yang didapatkan yaitu cluster tertinggi terdapat pada cluster 2 dengan 11 anggota, cluster sedang terdapat pada cluster 1 dengan 37 anggota , cluster terendah pada cluster 0 dengan 32 anggota. Dari 80 UPT Puskesmas yang terletak di Kota Bandung, dapat diketahui imunisasi tertinggi yaitu ada di Puskesmas Pasirkaliki dengan jumlah 2126 bayi dan terendah ada di Puskesmas Salam dengan Jumlah 37 Bayi.


Full Text:

PDF

References


Kiki Fatmawati, dan Agus Perdana Windarto. (2018). ”Data Mining : Penerapan Rapidminer Dengan K-Means Cluster Pada Daerah Terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) Berdasarkan Provinsi” CESS (Journal of Computer Engineering System and Science) 3(1):1.

Ade Bastian, Harun Sujadi, dan Gigin Febrianto. (2018). “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Analysis Pada Penyakit Menular Manusia (Studi Kasus Kabupaten Majalengka)”. Jurnal Sistem Informasi 14(1).

Faradila Ilena Putri, Retno Damayanti, dan Kismiantini. (2022). “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Mengelompokkan Kecamatan Di Kabupaten Gunungkidul Berdasarkan Program Keluarga Harapan” Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya Terbit 2.

Pelsri Ramadar, Ahmad Chusyairi. (2017). “Perbandingan Metode Clustering dalam Pengelompokkan Data Puskesmas pada Cakupan Imunisasi Dasar” Jurnal Resti 4(6).

Castaka Agus Sugianto, Ayu Hendrati Rahayu, Aditia Gusman. (2020). “Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan Penyakit Pasien Pada Puskesmas Cigugur Tengah” Joint (Journal of Information Technology). 2(2).

Putra May Chandra. (2018). “ Penerapan Metode K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan Pasien Penyakit Liver” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 2(2).




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Raka Rizki Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats