Sistem Informasi Absensi Foto Webcam Menggunakan Metode Togaf Pada SMK Media Insani Cendekia Cikarang

Suherman Suherman, Rizal Ananda, Irfan Afriantoro

Abstract


Absensi merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam setiap instansi pendidikan. Absensi merupakan salah satu penunjang utama yang dapat mendukung dan memotivasi setiap kegiatan yang dilakukan. Seperti halnya absensi di SMK Media Insan Cendekia yang masih menggunakan cara manual (tanda tangan), cara ini sangatlah rawan bagi suatu lembaga pendidikan karena tingkat kedisiplinan yang tidak dapat dikontrol dan  dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kerugian lain yang mungkin muncul pada sistem absensi manual adalah rekapitulasi data yang masih memakan banyak waktu dan tenaga. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun suatu Sistem Informasi Absensi dengan Kamera yang memudahkan guru, staff dan siswa dalam melakukan proses absensi di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode The Open Group Architecture Framework (TOGAF). Metoda ini hanya terfokus pada fase F (migration plaining) dan fase G (Implementation Governance). Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang memanfaatkan kamera HP sebagai komponen utama dalam membantu proses absensi setiap guru, staff dan siswa.


Full Text:

PDF

References


Lukas setyawan, Tri dkk. (2020). Rancang Bangun Sistem informasi Kepegawaian berbasis Web Pada Pabrik Plywood Dolopo Madiun, Madiun.

Anggara Ayub, Budi. (2020). Sistem Informasi sekolah Menggunakan Algoritma C4.5 Untuk Mengidentifikasi Faktor Faktor Penurunan Mutu Pembelajaran Siswa SMK, Surabaya.

Sutiyono & Nafana, Ria. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Di SMK HARAPAN BANGSA, Bandung.

Anggraeni, E. Y. & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Triyono, Safitry, Rosiana & Gunawan, Taufik. (2018). Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru Dan Staff Pada SMK Pancakarya Tanggerang Berbasis Web. Tanggerang.

Nurdiansyah, Adam. (2021). Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Website di Kantor Desa Sindangjawa.

Putra Fhonna, Rizky & AR, Marzuki. (2021). Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada Biro Kominfo Kantor Bupati Kabupaten Aceh Utara berbasis Web, Aceh.

Karim, Jorry & alfianto muhtar, Rifki. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Data alumni Siswa Pada SMK Negeri 1 Gorontalo berbasis android, Jurnal: JSAI, Volume 3 No 1, januari 2020.

Diana. (2017). Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru Dan Siswa Berbasis Web Di Sweet School Batam.

Hermawan. (2019). Pengertian Webcam Beserta Fungsi dan Cara Kerja Webcam. Retrieved from https://www.nesabamedia.com/: https://www.nesabamedia.com/pengertian-webcam-dan-fungsi-webcam/

Pramudita, Rully & Safitry, Nadya. (2017). Integrasi Zachman Framework dan TOGAF ADM (Architecture Development Method), Jurnal: Bina Insani.

Prawira, Nur Azizah, Eprilyani & Astuti, Desi. (2018). Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan Metode Togaf ADM Pada Puskesmas Mempawah, Pontianak.

Suartini, dkk. (2022). Sistem Informasi Berbasis Web SMA Al-Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis PHP Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter.

Gusman, Aggy Pramana. (2019). Analisa Perancangan Dan Implementasi Pemesanan Secara Online Berbasis Costumer Relationship Management ( CRM ).” 26(1): 7–13.

Dwi Wijaya, Yahya. (2019). Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata berbasis web menggunakan Metode Waterfall.

Supryadi, Budi & Bachtiar, Lukman. (2018). “Sistem Informasi Administrasi Pada Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sampit berbasis Web”, Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA).




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suherman Suherman, Rizal Ananda, Irfan Afriantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats