Perencanaan Business Intelligence untuk Strategi Pengembangan Produk Unggulan UMKM

Oding Herdiana, Syti Sarah Maesaroh, Alifia Fatimatun Nazya

Abstract


Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan upaya yang dilakukan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat untuk memberdayakan UMKM melalui pemberian fasilitas, bimbingan, pendampingan dan meningkatkan kemampuan daya saing UMKM. Upaya pengembangan UMKM melalui akselerasi produk unggulan agar masuk pasar digital terus ditingkatkan oleh pemerintah. Pelaku bisnis yang sukses biasanya dijelaskan dengan omset yang tinggi. Namun, jika pengusaha tidak dapat mengelola inventaris barang, memperkirakan produksi, dan membeli secara cepat dan akurat akan mengakibatkan produk kehabisan stok atau terjual pada waktu yang salah. Proses bisnis yang dilakukan UMKM perlu direncanakan dengan baik, mulai dari pemasaran produk, mengelola keuangan, merekrut karyawan, membeli bahan baku, dan mengelola produksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian development reserarch, dengan metode pengembangan sistem business intelligence Larissa T.moss. Penelitian ini merancang sistem Business Intelligence dengan memanfaatkan data UMKM Kota Tasikmalaya untuk strategi pengembangan produk unggulan menggunakan mockup prototype. Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan dashboard business intelligence bagi Dinas UMKM yang menampilkan profil bisnis berupa informasi status badan usaha, pengusaha UMKM per jenis kelamin dan rata-rata pendapatan. Sistem ini juga dirancang untuk kebutuhan pelaku UMKM berupa dashboarad business intelligence yang dapat mengetahui pendapatan sesuai dengan waktu, mengetahui trend produk yang paling banyak diminati, akses pembiayaan, dan dapat memprediksi penjualan produk.


Full Text:

PDF

References


Firdaus, D. W., & Widyasastrena, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Koperasi dan UMKM Berbasis Technopreneur. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 1423-1440.

Siregar, G., Sibuea, M. B., & Novita, D. (2018). Model Pengembangan Komoditas Dan Jenis Usaha Unggulan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Databoks.katadata.co.id. (2022). UMKM Pakai Media Sosial untuk Pacu Penjualan saat Pandemi. Databoks. [online] Available at: https://katadata.co.id/ekarina/berita/5efdb7a7bea69/survei-54-umkm-pakai-media-sosial-untuk-pacu-penjualan-saat-pandemi [Accessed 02 Juli. 2022].

Mansir, F., & Fatimah, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Pembukuan melalui Digital Marketing Dan Media Sosial pada UMKM Bangunjiwo Bantul. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 256-262.

Fauzi, E. G., Syaharni, D. S., & Sirait, S. (2021). Kebijakan UMKM Nuriza Snack dalam Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi, dan Pendapatannya. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 85-96.

Ramawisari, I. (2020). Analisis Biaya Logistik Dengan Menggunakan Konsep Supply Chain Management (SCM) Pada Produk Tikar Hasil Olahan Mendong (Doctoral Dissertation, Universitas Pasundan).

Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store.

Susilowati, M., Yustini, R., & Kurniasari, W. (2019). Pengembangan Strategi Memajukan UMKM Bidang Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Potensi Wilayah Kawasan Wisata Kabalong Pekalongan.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Sayidah, N. (2018). Metodologi penelitian disertai dengan contoh penerapannya dalam penelitian. Zifatama Jawara.




DOI: https://doi.org/10.37012/jtik.v8i2.1142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Oding Herdiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Teknologi Informatika & Komputer Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats