Pengaruh Terapi Musik terhadap Tingkat Ansietas pada Pasien Pre Operasi di Ruang Rawat Inap RSAU Dr Esnawan Antariksa Jakarta Timur

Suwarningsih Suwarningsih, Dwinara Febrianti, Tri Mulia Herawati

Abstract


Operasi atau pembedahan adalah salah satu prosedur medis invasif yang dilakukan dalam mendiagnosis atau mengobati penyakit, cedera atau kecacatan. Angka kejadian operasi terus meningkat setiap tahunnya di dunia. Individu yang akan menjalani operasi akan mengalami ansietas. Ansietas merupakan suatu kekhawatiran yang tidak jelas berkaitan dengan perasaan pasien yang tidak pasti dan tidak berdaya. Terapi musik merupakan terapi yang digunakan untuk memperbaiki atau meningkatkan fisik, emosional dan kondisi sosial untuk semua orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terapi musik terhadap tingkat ansietas pada pasien pre operasi di ruang rawat inap RSAU dr. Esnawan Antariksa Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan quasi experiment dengan desain pre dan post test without control. Sampel diambil sebanyak 30 responden secara total sampling. Berdasarkan hasil uji T Independen didapatkan bahwa p value 0,014. Hasil p value ini menunjukkan bahwa Ho ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi musik terhadap tingkat ansietas pada pasien pre operasi di ruang rawat inap RSAU dr. Esnawan Antariksa Jakarta Timur. Jadi, adanya pemberian terapi musik mampu membantu menurunkan tingkat ansietas.


Full Text:

PDF

References


Ahsan., Retno Lestari & Sriati. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ansietas Pre Operasi Pada Pasien Sectio Caesarea Di Ruang Instalasi Bedah Sentral RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang. Ejournal, Volume 8 Nomor 1. Diambil 3 Juni 2018, dari http://ejurnaladhkdr.com/index.php/c oba/article/download/20/13/

Baziad, M.Ali. (2008). Endokrin dan Ginekologi. Jakarta: Media Aesculapius.

Cahya, Windy Astuti., Lukman Rohimin & Miftahudin. (2013). Pengaruh Pemberian Informasi Prabedah Terhadap Ansietas Pasien Prabedah Terencana Di Irna Bedah RS Muhammadiyah Palembang. Journal Stikes Muhammadiyah Palembang, 1(2).

Dofi, BA. (2010). Psikologi Musik Terapi Kesehatan. Jakarta: Golden Terayon Press.

Erawan H, Wayan., Opod & Cicilia Pali. (2013). Perbedaan Tingkat Ansietas Antara Pasien Lakilaki Dan Perempuan Pada Pre Operasi Laparatomi Di Rsup. Prof.Dr.R.D. Kandou Manado. Jurnal E-Biomedik, 1(1).

Alimansur, Moh dan Agung Setiawan. (2013). Perbedaan Tingkat Ansietas Pada Pasien Pre dan Post Op di Ruang Seruni RSUD Pare. Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(2).

Faradisi, Firman. (2012). Efektivitas Terapi Murotal dan Terapi Musik Klasik terhadap Penurunan Tingkat Ansietas Pasien Pra Operasi di Pekalongan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(2).

Kemeneterian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Jakarta: Balitbang Kemenkes RI

Kementerian Keseshatan RI. (2011). Laporan Akhir Riset Fasilitas Kesehatan. Jakarta: Badan Litbangkes.

LeMone, Priscilla., Karen M, Burke & Gerene, Bauldoft. (2016). Buku Ajar keperawatan Medikal Bedah Edisi 5 Volume 1. Jakarta: EGC

Mubarak, W.I., Indrawati, L., & Susanto, J. (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar Buku 2. Jakarta: Salemba Medika.

Muna, Saiful. (2012). Pengaruh terapi musik klasik terhadap penurunan tingkat ansietas pasien pre operasi Mayor di RSUD Banyumas. Jurnal Stikes Harapan Bangsa.

Neno, Marista Liyanti., Sri Puguh., S. Eko Ch Purnomo. (2013). Pengaruh Terapi Musik Relaksasi Masase Punggung Terhadap Penurunan Tigkat Ansietas Pada Pasien Pre Operasi Bedah Mayor. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 1(9). Diambil 12 April 2018, http://ejournal.stikestelogorejo.a c.id/index.php/jikk/article/view/ 332.

Ningrum, Tita Puspita., Henny, Suzana Mediani & Chandra, Isabella H.P. (2017). Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Wound Dehiscence pada Pasien Post Laparatomi. JKP, 5 (2).

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metedologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pieter, H.Z & Lubis, N.L. (2010). Pengantar Psikologi dalam Keperawatan. Jakarta: Kencana.

Putri, Devi Setya., Sri, Puguh Kristiyawati., Syamsul, Arif. (2014). Pengaruh Terapi Humor Terhadap Penurunan Ansietas Pada Pasien Pre Operasi Dengan General Anestesi di Rs Telogorejo Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. Diambil 20 Agustus 2018, dari http://download.portalgaruda.

Qulsm. Afitaria., Ismonah., Wulandari Meikawati. (2012). Perbedaan Tingkat Ansietas Pada Pasien Pre Operasi Sebelum dan Sesudah Pemberian Terapi Musik Klasik di RSUD Tugurejo Semarang. Jurnal Stikes Tugurejo Semarang.

Rahmawati, Ilma Rosida., Ika, Yuni Widyawati., Laily, Hidayati. (2014). Kenyamanan Pasien Pre Operasi Di Ruang Rawat Inap Bedah Marwah Rsu Haji Surabaya. Jurnal Universitas Airlangga.

Safriyani, Rifda., Putrono., Budi, Widiyanto. (2016). Pengaruh Slow Deep Breathing Relaxation Dan Finger Hold Terhadap Tingkat Ansietas Pada Pasien Pre Operasi Bedah Mayor Dengan General Anestesi Di Rsud Telogorejo.

Sawitri, Endang dan Agus, Sudaryanto. (2008). Pengaruh Pemberian Informasi Pra Bedah Terhadap Tingkat Ansietas Pada Pasien Pra Bedah Mayor Di Bangsal Orthopedi Rsui Kustati Surakarta. Journal Berita Ilmu Keperawatan, 1 (1).

Suhartini, A. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rieka Cipta

Tiurma. (2015). Efektifitas Terapi Musik Terhadap Ansietas Pada Pasien Pre Operasi Sectio Caesareae Di Paviliun Monica Rs Myria Palembang. Diambil dari Diambil 22 Agustus 2018, dari https://nanopdf.com/download/a bstrak-efektifitas-terapi-musik- terhadap-ansietas-pada- pasien_pdf.

WHO. (2013). World Health Statistic. WHO Press: Geneva. Retivired 15 April 2018, from http://www.who.int/

Yani, Lasiyati Yuswo dan Farah, Yuni Kurniawati. (2017). Pengaruh Teknik Guided Imagery Terhadap Tingkat Ansietas Pasien Pra Operasi Sectio Caesarea Di Ruang Sriwijaya RSUD. Prof.Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto. Diambil 3 Juni 2018, dari http://ejournal.stikes-ppni.ac.id/index.php/keperawatan-bina-sehat/article/view/380/380

Yanuarita FA. (2012). Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak (Brain Gym). Yogyakarta: Teranova Books.




DOI: https://doi.org/10.37012/jkmp.v2i2.1555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suwarningsih Suwarningsih, Dwinara Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats