Persepsi Mahasiswa Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Terkait Kurikulum 2022

Desty Ramadhayanti, Mufidatul Husna Siregar, Novia Elyza

Abstract


Kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran yang berisi rancangan pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik. Dalam perkembangannya, kurikulum diIndonesia terus mengalami perbaikan dan pembaharuan seperti perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum 2022. Namun, tidak banyak dari kalangan mahasiswa yang mengetahui terkait kurikulum 2022 atau disebut denga kurikulum prototipe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian dengan wawancara terpimpin yaitu menyiapkan draf pertanyaan sebelum melakukan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu, mahasiswa/mahasiswi tadris biologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), dengan uji keabsahan data yang dihasilkan menggunakan uji triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh subjek penelitian, terdapat 80 % yang tidak mengetahui terkait kurikulum 2022, dan hanya 20 % hanya mengetahui dan tidak memahami maksud dan isi dari kurikulum tersebut. Dan 40 % dari jawaban mahasiswa tidak setuju dengan adanya perubahana kurikulum 2022, dan 60 % setuju. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa setelah menegatuhi isi, tujuan, dari kurikulum 2022, mereka setuju terkait pemberlakuan dan diwajibkan atas penerapan kurikulum 2022, namun tidak dipaksakan dalam penerapannya.

Full Text:

PDF

References


Anis, Herman. 2021. Kurikulum Prototipe 2022-2024: Kebijakan untuk Pemulihan Pembelajaran. https://hermananis.com/kurikulum-prototipe-2022-2024, diakses 27 Desember 2021.

Degest. 2021. Kurikulum Prototipe Untuk Pemulihan Pembelajaran di Tahun 2022-2024. https://www.guruberbagi.net/2021/11/kurikulum-prototipe-untuk-pemulihan.html?m=1 , diakses 29 Desember 2021

Faizin, Muhammad. 2021. Beda Kurikulum 2022 yang Ditawarkan pemerintah dengan K-13. https://nu.or.id/nasional/beda-kurikulum-2022-yang-ditawarkan-pemerintah-dengan-k-13-cAo5A Sabtu 04 Desember 2021, diakses 28 Desember 2021

Fujiawati, Fuja Siti. 2016. Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Seni. 1(1).

Sarinah. 2015. Pengantar Kurikulum.Yogyakarta: Deepublish.

Sasmita, dkk. 2021. Inovasi Pembelajaran Perguruan Tinggi Dimasa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pendidikan Ke-4 FKIP Universitas Lampung 2021.

Tirta, Ilham. 2021. Nadiem: Kurikulum 2022 Fleksibel, Sekolah Dapat Memilih kurikulum prototipe tengah diterapkan secara terbatas di 2.500-an sekolah. https://republika.co.id/amp/r3hp61485, dikases 27 Desember 2021.

Wahzudik, Niam, dkk. 2018. Kendala dan Rekomendasi Perbaikan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. 6(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/26712




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mufidatul Husna Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats